Kamis, 22 Juni 2023 08:49

Pemerintah Resmi Cabut Status Pandemi Covid-19, Beralih Jadi Endemi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pencabutan status pandemi Covid-19 di Indonesia menjadi endemi mengingat angka kasus harian mendekati nihil dan 99 persen masyarakat telah memiliki antibodi Covid-19. Meskipun demikian, Jokowi mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan perilaku hidup sehat dan berharap keputusan ini berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi nasional.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pemerintah secara resmi mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia.

Selanjutnya, Jokowi menyebut mulai Rabu (21/6/2023), Indonesia dinyatakan telah beralih dari masa pandemi menjadi endemi.

"Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19, sejak hari ini, Rabu, 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi,” ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Menurut Jokowi, keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus Covid-19 di Indonesia mendekati nihil.

Ia menjelaskan, hasil sero survei yang telah dilakukan menunjukkan 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19.

"WHO juga telah mencabut status public health emergency of international concern," lanjutnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Meski demikian, Jokowi mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih.

Ia turut berharap keputusan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi nasional.

"Pemerintah berharap perekonomian nasional akan bergerak makin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat," katanya.

#Joko Widodo #Covid-19 Indonesia