Rabu, 21 Juni 2023 17:00

Lewat Program Edukasi Konservasi, Telkom Berdayakan Generasi Muda

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lewat Program Edukasi Konservasi, Telkom Berdayakan Generasi Muda

Dukung Kelestarian Lingkungan Berkelanjutan Melalui Program Edukasi Konservasi Berlandaskan Nilai-Nilai ESG

RAKYATKU.COM -- Pendidikan memainkan peran penting dalam meningkatkan dan mengembangkan Sumber daya Manusia (SDM) suatu bangsa, dan pendidikan konservasi merupakan pendidikan yang mendukung adanya perubahan tingkah laku, sikap dan cara berpikir, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam termasuk ekosistemnya.

Dalam upaya memberdayakan potensi generasi muda yang sadar lingkungan dan haus akan tantangan alam, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Community Development Center (CDC) semakin konsisten terlibat dalam aksi nyata penanggulangan krisis iklim di Indonesia melalui program pendidikan konservasi, di mana langkah ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN, Erick Thohir yang beharap program CSR (Corporate Social Responsibility) difokuskan pada 3 hal yakni Pendidikan, Lingkungan Hidup dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Lebih dari 400 orang mendaftar sebagai peserta Program Edukasi Konservasi dan setelah melalui proses seleksi, 10% di antaranya telah terpilih berdasarkan pengetahuan dan wawasan umum mengenai konservasi, pengalaman, motivasi, harapan, dan rencana tindak lanjut atau tujuan jangka panjang setelah mengikuti kegiatan pelatihan.

Baca Juga : Perkuat Solusi ke UKM, Telkom Implementasikan Teknologi AI pada myindibiz

Pada pelatihan tersebut, peserta mendapatkan materi meliputi Kehutanan Umum, Dasar-dasar Konservasi, Ragam Konservasi, Nilai Karakter Konservasi, Dasar-dasar Ekologi, Pengelolaan Sampah, PPPK dan SAR, Asas Kepemimpinan, Flora dan Fauna Indonesia, Sadar Kebersihan, serta Jurnalistik & Social Media Engagement. Dengan narasumber para ahli berlatar belakang keilmuan serta konsistensinya dalam melakukan aksi nyata sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Program ini terintegrasi dan selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya pada pilar pembangunan lingkungan Nomor 13 yaitu penanganan perubahan iklim atau climate action.

Lebih dari itu, Program edukasi konservasi juga menjadi salah satu aksi nyata dalam mewujudkan target peningkatan pendidikan, penumbuhan kesadaran, serta peningkatan kapasitas manusia dan kelembagaan terkait mitigasi, adaptasi, pengurangan dampak, dan peringatan dini perubahan iklim.

Baca Juga : Dihadiri 18 Ribu Lebih Pengunjung, Telkom Sukses Selenggarakan Digiland 2023

SGM Community Development Center Telkom, Hery Susanto menyampaikan, Telkom secara konsisten mendukung kelestarian lingkungan yang berkelanjutan melalui beragam program edukasi bagi masyarakat.

“Program edukasi konservasi ini menjadi wujud komitmen Telkom mendukung kelestarian lingkungan melalui pelatihan bagi para generasi muda untuk meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya terhadap lingkungan kita,” ujar Hery.

Lebih lanjut Hery berharap, melalui program ini para generasi muda penerus bangsa dapat secara aktif berkontribusi terhadap penanggulangan isu lingkungan global.

#PT Telkom Indonesia