Senin, 19 Juni 2023 18:44

Tiket Palsu Beredar Jelang Pertandingan Indonesia Vs Argentina, Pelaku Ditangkap

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: PSSI)
(Foto: PSSI)

Selain tiket palsu kategori tiga dengan jumlah mencapai ratusan lembar, petugas juga mengamankan barang bukti beberapa lembar tiket asli, kertas cetak dan komputer jinjing.

RAKYATKU.COM -- Komplotan penjual tiket palsu FIFA matchday antara Indonesia dan Argentina diringkus aparat Reserse Polsek Metro Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Mereka beraksi di sekitaran kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (18/6/2023) malam.

Pelaku adalah empat orang pemuda dan satu orang wanita itu telah diamankan pihak aparat beserta mobil berwarna putih yang digunakan mereka.

Baca Juga : Resmi Jadi WNI, Jay Idzes Siap Bela Timnas

Para pelaku ini melakukan modus pemalsuan tiket dengan menjual tiket palsu di areal penukaran tiket resmi. Saat itu sudah terjual 70 tiket palsu. Beruntung aksi mereka kemudian digagalkan aparat.

Selain tiket palsu kategori tiga dengan jumlah mencapai ratusan lembar, petugas juga mengamankan barang bukti beberapa lembar tiket asli, kertas cetak dan komputer jinjing.

Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Patar Mula Bona menuturkan, terbongkarnya praktik penjualan tiket palsu berdasarkan laporan dari sejumlah korban yang sadar jika tiket yang telah mereka beli ternyata palsu.

Baca Juga : DPR RI Setujui Rekomendasi Kewarganegaraan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Setelah melakukan penyelidikan didapati komplotan pelaku tengah bertransaksi dengan para korbannya di sekitar area penjualan tiket.

"Ada juga anggota kami yang kami plotting di tempat penukaran tiket. Dari situ kami mendapatkan laporan bahwa ada salah satu korban yang diduga mendapatkan tiket palsu. Saya terjunkan tim Opsnal Reskrim untuk melakukan pendalaman. Ternyata kita sudah mengamankan 4 orang terduga pelaku ditambah dengan tiga orang yang korban yang sudah melakukan transaksi pembelian tiket tersebut," kata Kompol Patar Mula Bona dikutip dari laman PSSI, Senin (19/6/2023).

“Berangkat dari kasus penipuan tiket konser Blackpink dan Coldplay, kami mengimbau masyarakat agar berhati-hati dengan penipuan penjualan tiket pertandingan sepakbola antara Indonesia dan Argentina,” ungkapnya.

Baca Juga : Sukses Gelar Piala Dunia U-17, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025

Patar mengatakan jangan sampai masyarakat ditipu oknum-oknum pelaku kejahatan lain yang juga beraksi melalui penjualan tiket pertandingan palsu.

“Ada kemungkinan tiket-tiket palsu dijual melalui platform daring atau media sosial. Masyarakat kemudian tertarik dan membeli tiket tersebut lalu tertipu. Itu kan merugikan,” tegasnya.

Atas kejadian itu PSSI menghimbau untuk hati-hati dengan tiket palsu.

Baca Juga : Kabar PSSI Bakal Naturalisasi 150 Pemain Asing, Erick: Fitnah yang Tidak Masuk Akal

"Waspada peredaran tiket palsu pertandingan Indonesia vs Argentina," tulis PSSI diakun Instagramnya.

Diketahui timnas Indonesia akan menghadapi timnas Argentina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, malam ini, Senin (19/6/2023).

#Timnas Indonesia vs Argentina #FIFA Matchday #PSSI #tiket palsu