Rabu, 07 Juni 2023 19:38

Wali Kota Palopo Hadiri HUT Apeksi di Palembang

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Palopo Hadiri HUT Apeksi di Palembang

Ketua Apeksi Bima Arya mengatakan, pembangunan daerah merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang pada hakekatnya membangun manusia seutuhnya dan seluruh masyarakat Indonesia.

PALEMBANG – Walikota Palopo, HM Judas Amir bersama Ketua TP PKK Kota Palopo, dr Utia Sari Judas, mengikuti pelaksanaan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) APEKSI ke – 23 yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Palembang, Rabu 7 Juni 2023.

Pelaksanaan HUT Apeksi itu juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Ade Chandra, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palopo, Farid Kasim, Kepala Bappeda Raodatul Jannah, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Emil Nugraha, Kepala Dinas Perhubungan, A Muzakkir, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Munasirah dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Wahyudin.

Dalam sambutannya, Ketua Apeksi Bima Arya mengatakan, pembangunan daerah merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang pada hakekatnya membangun manusia seutuhnya dan seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

“Pembangunan daerah diarahkan untuk memacu pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendorong stabilitas, dan meningkatkan potensi daerah secara terpadu,” jelasnya.

Bima menambahkan, pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu gambaran pembangunan di berbagai sektor ekonomi, dengan tujuan untuk dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta mengatasi ketimpangan ekonomi dan kesenjangan sosial.

“Ketimpangan ekonomi yang dimaksud adalah ketimpangan pendapatan yang merupakan suatu keadaan dimana distribusi pendapatan masyarakat menunjukkan keadaan yang tidak merata dan lebih menguntungkan kelompok tertentu,” katanya.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Sementara, Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, untuk menggairahkan kemajuan perekonomian baik skala nasional maupun daerah, tidak cukup hanya mengandalkan investasi pemerintah saja. Tetapi juga sektor swasta harus semakin diberi porsi yang lebih besar untuk berinvestasi.

“Saat ini, Laju Pertumbuhan Ekonomi di Palembang sebesar 5,25 persen. Ini meningkat sangat signifikan dibandingkan tahun 2021 yang tumbuh sebesar 3,11% dan sempat terkontraksi sebesar 0,28% ditahun 2020 akibat pandemi covid-19,” ungkap Harnojoyo.

Sementara, sambung Harnojoyo, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus menunjukkan tren meningkat menjadi sebesar 79,47 dibandingkan tahun 2021 sebesar 78,72.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

“Capaian IPM Kota Palembang ini lebih tinggi dibandingkan Provinsi Sumatera Selatan (70,90) bahkan Nasional (72,91),” katanya.

Untuk tingkat kemiskinan, sambung Harnojoyo, sampai Maret 2022 turun menjadi 10,48% setelah sempat terjadi peningkatan di tahun 2021 sebesar 11,34% akibat pandemi covid-19. Capaian tahun 2022 ini bahkan lebih baik dibandingkan tahun 2019 sebelum terjadinya pandemi dengan tingkat kemiskinan diangka 10,90 persen.

Untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), lanjut Harnojoyo, juga dapat diturunkan menjadi 8,20% yang sebelumnya sebesar 10,11% ditahun 2021.

Baca Juga : Penjabat Walikota Palopo Hadiri Pelantikan Pengurus Jatman

“Untuk Indeks Gini (Rasio Gini) terus menunjukkan perbaikan menjadi 0,350 dibandingkan ditahun 2021 sebesar 0,353. Indeks ini mengindikasikan bahwa kesenjangan/ketimpangan pendapatan antar penduduk semakin kecil semakin merata,” tukasnya.

#pemkot palopo