Minggu, 18 Juni 2023 12:54

Poin Penting Pertemuan Presiden Rusia Dengan Misi Perdamaian Afrika

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. (Ramil Sitdikov/POOL/TASS)
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. (Ramil Sitdikov/POOL/TASS)

Menurut Putin, sekitar 31,7 juta ton produk pertanian telah diekspor dari pelabuhan Ukraina di bawah inisiatif biji-bijian, tetapi hanya 3,1?ri volume ini yang masuk ke negara berkembang

RAKYATKU.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin menerima perwakilan dari tujuh negara Afrika yang datang untuk mempresentasikan inisiatif perdamaian mereka di Ukraina.

Kedatangan mereka setelah terlebih dahulu membahas inisiatif tersebut dengan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky di Kiev.

Selama pembicaraan dengan Putin, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mempresentasikan 10 poin utama dari rencana perdamaian, yang meliputi pengurangan eskalasi konflik di kedua sisi, negosiasi diplomatik, memastikan kedaulatan negara sesuai dengan Piagam PBB, pertukaran tawanan, rekonstruksi pasca perang dan lain-lain.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Sebagai tanggapan, Putin menunjukkan bahwa Ukraina telah menarik diri dari pembicaraan dengan Rusia atas inisiatifnya sendiri, meskipun perjanjian damai telah ditandatangani sebelumnya di Istanbul. Selain itu, Rusia berhak mengakui kemerdekaan DPR dan LPR di bawah Piagam PBB, kata Putin.

Pembicaraan berlangsung selama lebih dari 3 jam, dan kemudian dikomentari oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Inilah poin-poin penting dari percakapan Putin dengan para pemimpin Afrika.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Sikap seimbang Afrika

Misi Afrika termasuk Presiden Zambia Hakainde Hichilema, Presiden Komoro Azali Assoumani (yang saat ini juga memimpin Uni Afrika), Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly dan Perwakilan Khusus Presiden Republik Kongo dan Uganda Floran Nsiba dan Ruhakana Rugunda.

Putin menggarisbawahi bahwa pengembangan hubungan yang komprehensif dengan negara-negara Afrika merupakan prioritas kebijakan luar negeri Rusia.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

"Kami secara konsisten menganjurkan penguatan lebih lanjut hubungan persahabatan tradisional dengan negara-negara Afrika dan asosiasi regional utama - Uni Afrika - berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menghormati, dan non-intervensi dalam urusan internal," kata Putin.

Rusia terbuka untuk dialog yang konstruktif dengan setiap orang yang menginginkan perdamaian berdasarkan prinsip-prinsip keadilan keadilan dan pertimbangan kepentingan yang sah dari semua pihak, mencatat bahwa Rusia menghargai sikap seimbang negara-negara Afrika terhadap situasi di Ukraina dan keinginan mereka untuk menyelesaikan krisis.

10 poin rencana perdamaian

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

"Kami datang untuk mendengarkan anda dan melalui anda, untuk mendengarkan suara rakyat Rusia. Kami ingin memotivasi anda untuk memasuki negosiasi dengan Ukraina guna mengakhiri masalah rumit ini," kata Azali Assoumani. Macky Sall menggarisbawahi bahwa Afrika menginginkan perdamaian antara Rusia dan Ukraina, yang hanya mungkin terjadi berdasarkan dialog dan kompromi.

Sementara itu, Cyril Ramaphosa menyatakan bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri konflik di Ukraina. Memperhatikan bahwa Afrika ingin menjadi mediator dalam mencari perdamaian, ia mempresentasikan rencana tersebut, yang berfokus pada 10 poin utama pencapaiannya. Rencananya panggilan untuk mendengarkan posisi kedua negara; untuk memulai de-eskalasi di kedua sisi; untuk memastikan kedaulatan negara dan rakyat sesuai dengan Piagam PBB; untuk mencapai jaminan keamanan bagi semua negara; untuk memastikan transportasi biji-bijian dan pupuk kedua negara; dukungan kemanusiaan untuk orang-orang yang terkena dampak perang; penyelesaian masalah pertukaran narapidana dan pemulangan anak; rekonstruksi pasca perang dan bantuan kepada orang-orang yang terkena dampak perang; kerjasama yang lebih erat dengan negara-negara Afrika.

Hak Rusia untuk mengakui Donbass

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

Presiden Rusia bereaksi terhadap rencana perdamaian yang disajikan, memberikan penjelasan tentang posisi Rusia pada beberapa di antaranya.

Dia menunjukkan bahwa Rusia mendukung rakyat Donbass setelah "kudeta berdarah" di Ukraina, dan telah lama mencoba menyelesaikan situasi dengan damai.

“Rezim Kiev-lah yang memulai perang ini pada 2014, dan kami berhak memberikan (rakyat Donbass) bantuan, sesuai dengan Piagam PBB Pasal 51, mengutip klausul tentang pertahanan diri,” Putin menggarisbawahi.

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

Perjanjian damai yang ditandatangani sebelumnya

Putin menunjukkan bahwa pihak Rusia tidak pernah menolak negosiasi dengan Ukraina. Ukraina lah yang menyatakan keengganannya, yang diperkuat dengan keputusan Zelensky.

Putin juga menunjukkan bahwa pihak berwenang Ukraina sebelumnya telah menandatangani rancangan perjanjian dengan Moskow, yang disiapkan pada Maret 2022, di Istanbul; namun, setelah pasukan Rusia ditarik, Ukraina mengabaikan dokumen tersebut. Presiden menyerahkan dokumen tersebut, yang mencakup 18 pasal dan lampiran, kepada para pemimpin Afrika. Dokumen tersebut memuat klausul tentang netralitas dan jaminan keamanan.

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

“Itu juga menyentuh angkatan bersenjata dan hal-hal lain. Semuanya ditulis – hingga jumlah kendaraan dan personel,” ungkap Putin.

Belakangan, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa para pemimpin Afrika tertarik untuk mempelajari rancangan perjanjian di Ukraina.

Relokasi anak-anak

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

Pihak berwenang Rusia telah merelokasi anak-anak dari daerah konflik secara legal dan tidak pernah menentang rekonsiliasi mereka dengan fasilitas, kata kepala negara tersebut.

"Kami memindahkan mereka dari daerah konflik, menyelamatkan hidup dan kesehatan mereka - inilah yang terjadi. Tidak ada yang berniat untuk memisahkan anak dari orang tua mereka. Seluruh panti asuhan dipindahkan sepenuhnya secara legal, karena kepala panti asuhan adalah perwakilan hukum mereka," dia berkata.

Putin menambahkan bahwa otoritas Rusia "tidak pernah menentang rekonsiliasi anak-anak dengan keluarga mereka, jika, tentu saja, kerabat mereka muncul."

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

Pertukaran tawanan

Presiden Rusia mencatat bahwa Moskow bekerja sama dengan Kiev dalam pertukaran tawanan perang: "Banyak yang telah dilakukan untuk itu, baik oleh Arab Saudi, UEA, dan mitra serta teman kami yang lain. Dan kami siap mendukung proses ini."

Penipuan bukannya kesepakatan biji-bijian

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

Putin menyebut fakta bahwa makanan tidak masuk ke negara-negara Afrika yang membutuhkan di bawah kesepakatan biji-bijian sebagai penipuan: "Otoritas neo-kolonial ini - Eropa, dan, pada dasarnya, otoritas Amerika - sekali lagi menipu komunitas internasional dan negara-negara Afrika yang membutuhkan. "

Menurut Putin, sekitar 31,7 juta ton produk pertanian telah diekspor dari pelabuhan Ukraina di bawah inisiatif biji-bijian, tetapi hanya 3,1% dari volume ini yang masuk ke negara berkembang.

Presiden menyatakan pengiriman biji-bijian dari Ukraina tidak menyelesaikan masalah kelaparan.

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

"Krisis di pasar pangan global sama sekali bukan konsekuensi dari operasi militer khusus di Ukraina; itu mulai muncul jauh sebelum situasi di Ukraina. Saya muncul karena negara-negara Barat - baik AS maupun negara-negara Eropa - terlibat dalam ekonomi yang tidak dapat dibenarkan emisi untuk menyelesaikan masalahnya, terkait dengan pandemi virus corona," kata Putin.

Pemahaman tentang alasan yang sebenarnya

Setelah pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, yang juga hadir di sana, mengungkapkan bahwa prakarsa perdamaian Afrika belum disemen di atas kertas, tetapi para pemimpin Afrika menunjukkan pemahaman tentang "alasan yang benar dan mendalam di balik peristiwa saat ini" dan memahami bahwa keluar dari situasi ini terletak pada pengembangan tindakan spesifik khusus untuk menghilangkan alasan-alasan ini.

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

"Pertama-tama, [negara-negara Afrika] menunjukkan 12 poin terkenal dari posisi Tiongkok, yang disajikan beberapa bulan sebelumnya, dan mereka menyoroti bagian-bagian […] yang dekat dengan mereka dan menetapkan bahwa harus ada tidak ada standar ganda, bahwa semua prinsip Piagam PBB [...] dihormati dan dilaksanakan, bahwa tidak ada sanksi sepihak yang dilakukan, bahwa tidak seorang pun harus mencoba memastikan keamanannya sendiri dengan mengorbankan keamanan orang lain, bahwa keamanan tetap tidak terpisahkan di dunia skala," kata Menteri Luar Negeri, menggarisbawahi bahwa Rusia mendukung pendekatan prinsip seperti itu.

Menurut Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov, Putin dan perwakilan Afrika siap untuk kontak lebih lanjut, meskipun tidak semua klausul inisiatif perdamaian berkorelasi dengan posisi Rusia.

Sumber: TASS/18 Juni 2023

#Rusia #Afrika