Rabu, 14 Juni 2023 20:15

Program Aktif Positif Yayasan Hadji Kalla, Libatkan SRE dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Program Aktif Positif Yayasan Hadji Kalla, Libatkan SRE dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Berangkat dari program tersebut, seperti yang diketahui KALLA melalui Yayasan Hadji Kalla berperan aktif dalam mengusung dan melaksanakan berbagai inovasi program CSR unggulan yang diantaranya bergerak di bidang lingkungan dan energi hijau.

RAKYATKU.COM -- Aktif Positif 2023 merupakan program dari Yayasan Hadji Kalla, dimana program tersebut mendukung berbagai kegiatan lembaga, komunitas, dan organisasi yang fokus menangani berbagai isu di lingkup sosial, kesehatan, dan lingkungan.

Berangkat dari program tersebut, seperti yang diketahui KALLA melalui Yayasan Hadji Kalla berperan aktif dalam mengusung dan melaksanakan berbagai inovasi program CSR unggulan yang diantaranya bergerak di bidang lingkungan dan energi hijau.

 

KALLA dengan semangat membangun bangsa, membuatnya berperan sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab secara sosial kepada masyarakat sekitar maupun masyarakat secara luas dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Dukung Pengembangan Kinerja Tenaga Pendidik

Beberapa waktu lalu tepatnya pada akhir bulan Mei kemarin, melalui Yayasan Hadji Kalla bersama SRE (Society of Renewable Energy) melaksanakan kegiatan Gerakan Bagi Pohon.

Mengusung tema AKSILIBRASI BUMI (Aksi Asri Kalibrasi Bumi), kegiatan ini sebagai bentuk upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan melindungi lingkungan.

Dalam rangkaian acara tersebut, Society of Renewable Energy yang sebagian besar keanggotaannya adalah Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin didukung oleh Yayasan Hadji Kalla, melakukan pembagian pohon produktif di sepanjang area car free day Sudirman.

Baca Juga : Temu Kader Komunitas Kampung Hijau Energi Sebagai Penguatan Jejaring dan Evaluasi

Setiap anggota SRE turut berperan aktif dalam proses pembagian pohon dan edukasi kepada masyarakat terkait masalah iklim, mulai dari mempersiapkan informasi kondisi iklim, hingga berbagai gerakan yang dilakukan oleh para mahasiswa untuk menangkal isu tersebut, salah satunya dengan menanam bibit pohon produktif.

Selain itu, para mahasiswa juga memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan dan dampak positif dari penanaman pohon.

“Gerakan Aksilibrasi Bumi ini juga melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat. Masyarakat kami ajak untuk berpartisipasi dalam penanaman pohon, kami membagikan bibit pohon jambu secara gratis yang kami ambil langsung dari pusat persemaian bibit di Parangloe, Gowa. Total ada 100 bibit yang kami bagikan dan bagi para pengunjung CFD yang mengikuti akun sosial media SRE, akan kami berikan hadiah berupa totebag daur ulang. Dengan cara ini, diharapkan gerakan ini dapat menyebarluaskan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mendorong masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam. Apresiasi dan terima kasih tentunya kami sampaikan kepada Yayasan Hadji Kalla karena telah mendukung kegiatan kami ini lewat pendanaan di program Aktif Positif,” jelas Salsa Syahrani, Ketua Panitia Kegiatan Aksilibrasi Bumi.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Gelar Temu Kader Pelatih Klub Senam Jantung Sehat

Imran Kasim salah seorang warga menyampaikan bahwa sebagai warga Kota Makassar, ia merasa sangat beruntung dan senang mendapatkan bibit pohon gratis dari program ini.

"Inisiatif ini menunjukkan kepedulian dan komitmen kita dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup. Dengan menanam pohon, kita tidak hanya memberikan manfaat bagi alam, tetapi juga menciptakan udara yang lebih segar, mengurangi polusi, dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sejuk,” paparnya.

Sementara itu Kurniawan Jaya selaku penanggung jawab program Aktif Positif mengatakan bahwa melalui gerakan Aksilibarasi Bumi ini, mahasiswa ingin menekankan pentingnya pelestarian hutan dan penghijauan dalam menghadapi perubahan iklim dan kerusakan lingkungan.

Baca Juga : Tanggap Krisis Air, Yayasan Hadji Kalla Distribusi Air Bersih Kepada Warga Terdampak

"Mereka percaya bahwa dengan aksi nyata seperti penanaman pohon, kita dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan kita dan masa depan generasi mendatang. Hal inilah yang menjadi alasan kita mendukung kegiatan hari ini,” jelasnya.

 

#Yayasan Hadji Kalla #Aktif Positif 2023