Sabtu, 10 Juni 2023 17:25

Indonesia Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games, Menpora Dito: Sebuah Kebanggaan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menpora Dito Ariotedjo (foto:yayan/kemenpora.go.id)
Menpora Dito Ariotedjo (foto:yayan/kemenpora.go.id)

"Indonesia kembali mendapatkan predikat juara umum. Ini adalah sebuah kebangaan dan tentu kita sangat bahagia Indonesia kembali meraih gelar itu ketiga kali beruntun," kata Menpora, Dito Ariotedjo

RAKYATKU.COM -- Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 yang berlangsung di Kamboja. Indonesia kokoh di posisi teratas dengan raihan 159 medali emas, 148 medali perak dan 94 medali perunggu.

Di posisi kedua ada Thailand yang menempati peringkat kedua, dengan meraih 126 medali emas, 110 perak, dan 92 perunggu. Vietnam yang berada di peringkat ketiga dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu. Tuan rumah Kamboja berada di posisi kedelapan dengan 9 emas, 18 perak dan 43 perunggu.

Hasil ini membawa Indonesia juara umum tiga kali beruntun alias hattrick, setelah di Malaysia (2017) dan tahun lalu saat menjadi tuan rumah. Kontingen Merah Putih berkekuatan 268 atlet dengan mengikuti 12 dari 14 cabor yang dipertandingkan. Total kontingen Indonesia berjumlah 500 orang.

Baca Juga : Indonesia Tak Capai Target di Asian Games 2022 Hangzhou, Menpora Minta Maaf

"Indonesia kembali mendapatkan predikat juara umum. Ini adalah sebuah kebangaan dan tentu kita sangat bahagia Indonesia kembali meraih gelar itu ketiga kali beruntun," kata Menpora, Dito Ariotedjo dikutip dari laman Kemenpora,Sabtu (10/6/2023).

Dito juga memaparkan, hasil yang didapatkan Indonesia saat menjadi tuan rumah pertama kali 2011 terus memacu semangat seluruh atlet dan semakin melonjak hingga tiga kali beruntun juara umum.

Selain itu, capaian kontingen Indonesia di Kamboja semakin lengkap dengan deretan pemecahan 15 rekor. 11 rekor di cabor para renang dan 4 rekor angkat berat.

Baca Juga : Menpora Sebut Timnas Indonesia Dapat Pengalaman Berharga dari Argentina

"Lebih istimewa lagi, pada edisi kali ini merupakan perolehan medali terbanyak ketika tidak menjadi tuan rumah, ini merupkan sejarah. Bahkan untuk medari perak dan perunggu," jelasnya.

CDM Indonesia, Andi Herman menambahkan, hasil juara umum kali ini merupakan kerja keras yang dilakukan sejak Pelatnas.

Dengan tekad yang kuat untuk kembali mempertahankan juara umum, membuat seluruh elemen, baik atlet, pelatih, hingga pelatih terinspirasi untuk meraih hasil itu.

Baca Juga : Ivar Jenner dan Rafael Struick Resmi Jadi WNI, Kemenpora Harap Timnas Indonesia Lebih Kuat

"Hasil yang menjadi kebanggaan bersama dan sejarah capaian pemecah rekor." papar Andi Herman.

Sementara itu, Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun mengapresiasi kepedulian pemerintah Indonesia termasuk Presiden Jokowi yang terus memberikan dukungan penuh kepada atlet disabilitas.

Dukungan itu menambah motivasi seluruh atlet untuk mengharumkan Indonesia di kancah internasional, termasuk ASEAN Para Games.

Baca Juga : Menpora Dito: Suksesnya Liga 1 Jadi Komitmen Pemerintah untuk Industrialisasi Sepak Bola

"Terima kasih kepada bapak presiden dan pemerintah yang peduli kepada masyarakat difabel. Atlet kita semakin termotivasi untuk menambah medali emas. Indonesia harus kita harumkan," kata Senny Marbun.

Di sisi lain, Direktur PT Bayan Resources Tbk, Merlin Sanjaya selaku sponsor utama kontingen Indonesia mengucapkan selamat atas keberhasilan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023. "Semangat para atlet menginspirasi kami semua. Kami berterima kasih atas perjuangan kalian semua," ucapnya.

#ASEAN Para Games 2023 #Kemenpora