Selasa, 06 Juni 2023 08:25

Pemkab Kutai Kartanegara Belajar Inovasi Penanggulangan Stunting dari Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru menjamu kunjungan Pemkab Kutai Kartanegara di di ruang kerja Bupati Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Senin (6/6/2023).
Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru menjamu kunjungan Pemkab Kutai Kartanegara di di ruang kerja Bupati Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Senin (6/6/2023).

Pemkab Kutai Kartanegara belajar inovasi penanggulangan stunting dari Pemkab Barru yang berhasil menurunkan angka stunting hingga 12,3 persen dalam setahun dengan program one day one egg dan inovasi-inovasi lainnya yang melibatkan OPD terkait.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, mempelajari berbagai inovasi yang diterapkan Pemkab Barru dalam penanggulangan stunting.

Pemilihan Barru sebagai destinasi studi ini didasarkan pada keberhasilan dalam menurunkan angka stunting hingga 12,3 persen dalam waktu setahun. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, pun turut terkesan dengan prestasi tersebut.

Asisten 1 Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kutai Kartanegara, Ahmad Taufiq Hidayat, mengaku mendapat banyak wawasan baru usai mendengar penjelasan langsung dari Bupati Barru, Suardi Saleh, dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Barru sekaligus Wakil Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Barru, Hasnah Syam.

Baca Juga : KNPI Barru Audiensi dengan Bupati Bahas Persiapan Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus

"Dapat diadopsi dan diimplementasikan dalam upaya menurunkan angka stunting di Kutai Kartanegara," ujarnya.

Suardi Saleh saat menjamu rombongan Pemkab Kutai Kartanegara di ruang kerja Bupati Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Senin (6/6/2023), menyampaikan pentingnya inovasi dalam menekan angka stunting.

"Inovasi merupakan kunci penurunan angka stunting di Barru. Salah satu inovasi yang diterapkan adalah program one day one egg, yaitu memberikan satu telur per hari kepada masyarakat, yang dilakukan oleh TP PKK Barru. Selain itu, terdapat pula inovasi-inovasi lain yang melibatkan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait," ungkap Suardi Saleh.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh #hasnah syam