Sabtu, 03 Juni 2023 10:09

Pemprov Sulsel Tangani Rehab Daerah Irigasi Kuri-Kuri Kasimbi, Telan Rp12 Miliar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

Pemprov Sulsel memulai penanganan rehab Daerah Irigasi Kuri-Kuri Kasimbi di Kabupaten Luwu Utara dengan anggaran Rp12 miliar, yakni perbaikan saluran induk dan sekunder. Diharapkan bias mengoptimalkan aliran air dari Sungai Masamba ke lahan pertanian dengan luas daerah irigasi 2.000 hektare.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) melalui Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang mulai melakukan penanganan terhadap rehabilitasi Daerah Irigasi (DI) Kuri-Kuri Kasimbi di Kabupaten Luwu Utara (Lutra).

“Alhamdulillah, mulai tahapan MC-0 untuk rehab Daerah Irigasi Kuri-Kuri Kasimbi di Kabupaten Luwu Utara,” kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (2/6/2023).

Adapun penanganan terhadap bendung yang rusak pascabanjir bandang 2021 lalu itu, yakni perbaikan saluran induk dan perbaikan saluran sekunder.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

“Kita berharap dengan rehab saluran irigasi DI Kuri-Kuri Kasimbi ini dapat mengoptimalkan kembali aliran air dari Sungai Masamba ke lahan pertanian masyarakat serta meningkatkan daerah aliran dan produksi,” jelasnya.

Penanganan ini, kata Andi Sudirman, sebagai bentuk komitmen perhatian dan pelayanan Pemprov Sulsel kepada petani sehingga akan berdampak pada peningkatan hasil produksi pertanian. Alokasi anggaran untuk kegiatan ini Rp12 miliar.

DI Kuri-Kuri Kasimbi memiliki luas daerah irigasi 2.000 hektare. Dengan luas daerah yang dilayani 995 hektare.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman