Kamis, 01 Juni 2023 13:02

Hari Lahir Pancasila, Wali Kota Parepare: Pancasila Bukan Hanya untuk Dibaca

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, pada momentum peringatan Hari Lahir Pancasila mengajak untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya dibaca atau didengar.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare di halaman Kantor Wali kota Parepare, Kamis (1/6/2023).

Upacara diikuti jajaran Pemkot Parepare, mulai Wakil Wali Kota Pangerang Rahim, Sekretaris Daerah (Sekda) Iwan Asaad, Ketua TP PKK Erna Rasyid Taufan, unsur Forkopimda, para kepala perangkat daerah, kepala bagian, camat, dan lurah yang kompak mengenakan pakaian adat khas Bugis.

Taufan yang menyampaikan amanat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), mengajak untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca Juga : Tolak RUU Penyiaran, Aliansi Jurnalis Parepare Gelar Aksi di Depan Gedung Dewan

Hari Lahir Pancasila yang diperingati tiap 1 Juni, lanjut Taufan, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, tetapi turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia," ujarnya.

Usai pelaksaan upacara, Taufan menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah melaksanakan dan mengikuti seluruh rangkaian upacara dengan khidmat.

Penulis : Hasrul Nawir
#Hari Lahir Pancasila #Pemkot Parepare #taufan pawe