Kamis, 01 Juni 2023 07:57

Presiden Jokowi Resmi Luncurkan Logo Ibu Kota Nusantara Bertema Pohon Hayat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) di Istana Negara Jakarta, Selasa (30/5/2023). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) di Istana Negara Jakarta, Selasa (30/5/2023). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Presiden Jokowi meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menggambarkan tema Pohon Hayat sebagai simbol kehidupan dan harapan untuk pembangunan IKN yang memperkuat identitas bangsa Indonesia dan kesadaran lingkungan. Logo ini dipilih melalui voting terbuka dengan partisipasi lebih dari 500 ribu pemilih.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) di Istana Negara Jakarta, Selasa (30/5/2023). Logo yang nantinya akan menjadi identitas visual bagi IKN ini memiliki tema Pohon Hayat dengan sejumlah makna di dalamnya.

"Pohon Hayat ini adalah pohon kehidupan dan kita semuanya berharap logo Pohon Hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya, yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya," ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, logo bertema Pohon Hayat memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara dan bangsa yang besar serta majemuk. Selain itu, logo bertema Pohon Hayat juga dinilai dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan beserta ekosistemnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

"Dan juga memperkuat ikhtiar, usaha kita bersama untuk berkontribusi bagi percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara kita, ibu kota masa depan Indonesia," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, logo IKN terpilih berdasarkan hasil voting terbuka yang diikuti lebih dari 500 ribu pemilih di seluruh tanah air. Hasilnya, logo bertema Pohon Hayat karya Aulia Akbar keluar sebagai pemenang dengan pemilih terbanyak.

"Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Otorita (IKN) bahwa setelah melalui proses sayembara yang sangat selektif, alhamdulillah telah terpilih logo dengan pemilih terbanyak, jadi yang milih bukan presiden, hati-hati, hati-hati yang milih ini rakyat," tuturnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Turut mendampingi Jokowi saat dalam acara ini, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian; Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono; dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Tampak hadir pula Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa; Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia; Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, serta Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

#Joko Widodo #IKN Nusantara