Rabu, 31 Mei 2023 07:36

Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel, Jalan dan Jembatan Ruas Letta – Kariango Progres 20 Persen

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

Pemprov Sulsel memberikan bantuan keuangan senilai Rp22,6 miliar untuk penanganan ruas jalan dan jembatan Letta - Kariango. Saat ini, progres pembangunan jalan dan enam unit jembatan tersebut mencapai 20 persen, yang menjadi prioritas Gubernur Sulsel untuk memastikan akses kendaraan roda empat ke Desa Kariango yang sebelumnya hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang telah mulai menangani ruas jalan dan jembatan pada ruas Letta – Kariango.

Penanganan jalan dan jembatan ini merupakan bagian dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) tahun anggaran 2023 senilai Rp22,6 miliar.

Penanganan jalan dan jembatan menjadi prioritas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Apalagi sempat terjadi kejadian ibu hamil yang meninggal dunia di jalan karena akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

“Jika, masih ingat ibu hamil meninggal ditandu tujuh kilometer karena akses tidak dilalui roda empat. Alhamdulillah, kini progres pembangunan jalan ruas Letta Kariango dan enam unit jembatan di Kecamatan Lembang sedang dikerjakan," ujar Andi Sudirman, Selasa (30/5/2023).

Orang nomor satu di Sulsel ini pun mengapresiasi Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, beserta jajarannya yang sigap dalam melaksanakan pekerjaan ini.

"Mohon doa dan dukungan masyarakat agar dapat dilancarkan," katanya.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Pinrang, Awaluddin Maramat, menyampaikan kontrak berjalan lebih dari satu bulan. “Saat ini progress pekerjaan sekitar 20 persen,” sebutnya.

Lokasi pengerjaannya, kata dia, jauh dari perkotaan. Membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke lokasi. Wilayahnya pun di area pegunungan.

“Ada enam unit jembatan yang akan dibangun. 4,2 kilometer yang akan dirintis serta 1,2 kilometer yang akan dilakukan peningkatan jalan dalam bentuk perkerasan beton,” jelasnya.

Baca Juga : 10.000 Orang Hadiri Buka Puasa Akbar Pemprov Sulsel di Bone

Adapun target pengerjaan ini, lanjutnya, nantinya kendaraan roda empat bisa mengakses ke Desa Kariango.

“Wilayahnya di area pegunungan. Sebelum dikerja, cuma bisa dilalui kendaraan roda dua. Mudah-mudahan dengan selesainya kegiatan ini, maka akses ke Desa Kariango bisa diakses dengan kendaraan roda empat,” ucapnya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman