Kamis, 25 Mei 2023 16:04

Geopark Maros Pangkep Resmi Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Geopark Maros Pangkep resmi menjadi Pangkep UNESCO Global Geopark. (Foto: iStockphoto/Jumadil Awal)
Geopark Maros Pangkep resmi menjadi Pangkep UNESCO Global Geopark. (Foto: iStockphoto/Jumadil Awal)

Geopark Maros Pangkep secara resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark. Penunjukan ini mengakui keistimewaan situs geologis, lanskap internasional, dan warisan budaya kawasan tersebut, serta mendorong kerja sama, konservasi, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan di dalam geopark.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - UNESCO telah menetapkan Geopark Maros Pangkep resmi menjadi Pangkep UNESCO Global Geopark. Hal ini berdasarkan keputusan yang diambil pada Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di Kota Paris, Prancis, Rabu (24/5/2023).

"Alhamdulillah, Maros Pangkep UNESCO Global Geopark secara resmi ditetapkan oleh UNESCO pada sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di Kota Paris," kata Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.

Geopark Maros-Pangkep masuk jaringan Global Geoparks Network bersama 17 Geopark lainnya di dunia. Tahun ini 195 taman bumi dunia UNESCO di 48 negara dunia. Menjadi global geopark ke-8 di Indonesia. Lainnya, yang masuk tahun ini Ijen UNESCO Global Geopark, Merangin Jambi UNESCO Global Geopark, dan Raja Ampat UNESCO Global Geopark, sehingga telah terdapat 10.

Baca Juga : PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

Andi Sudirman mengatakan, pencapaian ini atas kerja keras dan kolaborasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep, serta seluruh stakeholder yang berada di bawah naungan Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep.

"Mari bersama menjaga sekaligus sebagai daya tarik tersendiri bagi kepariwisataan di Sulawesi Selatan," sebutnya.

Bagi Pemprov Sulsel ini adalah pencapaian luar biasa dari Pemerintah Maros dan Pangkep dan Badan Pengelola Geopark. Sebab, hasil dari bentuk kolaborasi yang telah digaungkan jadi prioritas pemerintah sejak diinisiasi pada 2015, 2018 menjadi nasional Geopark, dan akhirnya di 2023 menjadi Geopark dunia.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

Penunjukan UNESCO Global Geopark adalah pengakuan prestisius yang diberikan pada tempat atau wilayah luar biasa untuk situs geologis dan lanskap internasional dan kepentingan khusus. Situs-situs ini, bersama dengan situs warisan ekologi, budaya, dan arkeologi yang penting, dikelola dengan cermat melalui pendekatan komprehensif yang mencakup konservasi, pendidikan, penelitian, dan pariwisata yang bertanggung jawab.

"Ini juga akan menjadi perlindungan kawasan sebagai warisan dunia di mana kawasan ini memiliki kekhasan istimewa dari sisi geo diversity-nya kemudian dari sisi bio diversity atau flora dan faunanya serta kekayaan cultural atau budayanya," jelasn General Manager Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep, Dedy Irfan Bachri.

Melalui konsep geopark, pemangku kepentingan didorong untuk bekerja sama, mendorong promosi dan praktik konservasi geoheritage, pendidikan geosains, kesadaran lingkungan, pelestarian warisan budaya, dan pembangunan berkelanjutan di dalam geopark.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

"Ini tentunya menjadi kebanggaan buat Sulsel karena ini menjadi perhatian dunia di mana kawasan ini menjadi lebih dipromosikan secara internasional," ucapnya.

"Paling penting dengan status ini, masyarakat bisa menerima manfaat sebesar-besarnya dari meningkatkan kunjungan, nilai ekonomi, serta perputarannya di kawasan ini," imbuhnya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Geopark Maros Pangkep