Rabu, 08 Maret 2023 12:56

Chaidir Syam Bersama Suhartina Bohari Kompak Dampingi Menkes Budi Kunker di Maros

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Chaidir Syam Bersama Suhartina Bohari Kompak Dampingi Menkes Budi Kunker di Maros

Kedatangan Menkes Budi Gunadi untuk meninjau Implementasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Melalui Posyandu Prima di Desa Majannang dan Desa Mattirotasi, Kecamatan Maros Baru.

MAROS - Bupati Maros AS Chaidir Syam bersama Wakil Bupati Hj Suhartina Bohari mendampingi Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Maros, Rabu (8/3/2023).

Kedatangan Menkes Budi Gunadi untuk meninjau Implementasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Melalui Posyandu Prima di Desa Majannang dan Desa Mattirotasi, Kecamatan Maros Baru.

Selain melihat langsung kondisi Posyandu di dua desa itu, Budi Gunadi juga menyempatkan mengunjungi Puskesmas Maros Baru dan melihat sarana dan prasarana yang tersedia.

Baca Juga : Lepas Kafilah MTQ, Bupati Maros Janjikan Umroh Bagi Peraih Medali Emas

Budi juga menyempatkan berdialog dengan para tenaga kesehatan Maros yang di tempatkan di Aula Puskesmas Maros Baru.

Terkait sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Maros Baru, Budi Gunadi mengatakan, pihaknya sangat puas melihat sarana dan prasana Puskesmas Maros Baru ini yang semakin maju.

“Pelanannya sangat bagus, mencover lansia dan manajemen pelayanan yang sangat cepat. Puskesmas ini bisa dijadikan contoh pelayanannya,” kata Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga : Bupati Chaidir Syam Lepas Skuat Persim Maros Menuju Liga 3 Nasional

Untuk Posyandu Prima, lanjut Budi Gunadi, sasaranya lebih luas, karena tak hanya hanya melani anak atau ibu saja, namun lansia juga turut dilayani.

“Program ini merupakan implementasi transformasi layanan kesehatan primer dengan tujuan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Budi Gubadi juga menyampaikan kepada para tenaga kesehatan, bahwa pihaknya janji akan memberikan alat mammografi untuk puskesmas di Maros.

Baca Juga : Bupati Maros: Calon Jemaah Haji Asal Maros Bertambah 34 Orang menjadi 330

Alat tersebut, ujar dia, digunakan untuk memeriksa dan mendeteksi berbagai kelainan pada payudara.

“Alat ini penting, karena pembunuh nomor satu bagi kaum perempuan adalah kanker payudara. Kalau diketahui lebih awal, kanker ini bisa disembuhkan, makanya alat mammografi ini sangat penting” ucapnya.

Selain menjanjikan alat kesehatan pedeteksi kanker payu dara (mammografi), Budi Gunadi juga berjanji akan menyiapkan 2.500 beasiswa bagi tenaga kesehatan di tahun 2024.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Pemkab Maros Target Tanam 100 Ribu Pohon

Sementara itu Bupati Maros, AS Chaidir Syam, mengatakan untuk peningkatan pelayanan di bidang kesehatan pihaknya akan membangun Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Camba.

“Kita ingin memberikan kesehatan yang terbaik ditengah masyarakat, agar akses warga yang ada di Camba, Cenrana dan Mallawa bisa lebih mudah. Sudah banyak korban yang tidak terselamatkan karena jarak Camba ke pusat kota itu terlalu jauh sehingga penangannya terlambat. Makanya ini sebagai salah satu peningkatan pelayanan yang kita lakukan dengan membangun Rumah Sakit Pratama,” ujarnya.

#pemkab maros