Selasa, 16 Mei 2023 19:44

Terobosan Kapolrestabes Makassar Jaga Keamanan dan Ketertiban Melalui Balla Barakka

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhammad Ngajib
Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhammad Ngajib

"Rumah Barakka ini merupakan rumah barokah untuk pembinaan kepada anak-anak, juga disiapkan pos yang kemudian kita TNI-POLRI serta partisipasi masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Tamalate dan wilayah kecamatan Makassar,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhammad Ngajib memiliki terobosan untuk mencegah terjadinya tawuran, terutama yang melibatkan anak usia dini.

Salah satu yang dilakukan yakni dengan membuat rumah singgah yang diberi nama Balla Barakka. Rumah singgahan Polrestabes Makassar tersebut saat ini berada di dua titik lokasi, yakni di kecamatan Tamalate dan Kecamatan Makassar.

Kombes Mokhammad Ngajib mengatakan rumah singgah tersebut merupakan wadah pembinaan terutama untuk anak-anak yang tidak mengecap pendidikan formal.

Baca Juga : Silaturahmi Kapolrestabes Makassar Bersama Tripika dan Dewan Lorong Kecamatan Bontoala

“Rumah Barakka ini merupakan rumah barokah untuk pembinaan kepada anak-anak, juga disiapkan pos yang kemudian kita TNI-POLRI serta partisipasi masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah Tamalate dan wilayah kecamatan Makassar,” kata Kombes Ngajib, Selasa (16/5/ 2023).

Rumah tersebut sengaja ditempatkan di titik rawan tauran sehingga dapat mengantisipasi anak-anak untuk melakukan tauran.

"Dengan adanya pos dan Balla Barakka ini diharapkan membawa berkah kepada anak-anak yang kita bina disini," tambahnya.

Baca Juga : Angka Kriminalitas di Makassar Turun, Kapolrestabes Makassar: Mari Bersama Jaga Makassar

Di rumah tersebut terdapat perpustakaan yang disediakan oleh Polrestabes Makassar. Hal itu dilakukan lantaran masih banyaknya anak-anak yang tidak sekolah.

"Tempat ini kita siapkan juga perpustakaan untuk memberikan pelajaran dasar untuk anak-anak di sini," katanya lagi

Menyinggung soal literasi pendidikan, Kombes Mokhammad Ngajib menyebut penting bagi anak-anak yang merupakan generasi penerus.

Baca Juga : Polrestabes Makassar Serahkan Sembako untuk Kaum Nasrani

"Banyak anak-anak di sini yang tidak mengenyam pendidikan di sekolah sehingga kita meluangkan waktu dan tempat untuk mendidik mereka, supaya mereka bisa menggapai masa depan atau cita-cita yang mereka inginkan," paparnya.

"Kita berikan buku agar mereka bisa mendapatkan pelajaran dasar pendidikan, baik pendidikan secara umum maupun keagamaan," sambung Perwira tiga melati itu.

Mantan Kapolrestabes Palembang itu juga berencana akan membuat Balla Barakka itu diseluruh kecamatan yang ada di kota Makassar.

Baca Juga : Program Pajama Barakka Tekan Terjadi Perang Kelompok

"Saya berencana akan membuat Balla Barakka ini di seluruh wilayah yang dinilai rawan terjadi tauran. Jadi saya akan menargetkan di setiap polsek itu ada untuk Balla Barakka," bebernya.

#polrestabes makassar #kapolrestabes makassar