Selasa, 09 Mei 2023 12:26

Keuntungan Optimasi SEO dan Penggunaan Backlink dalam Dunia Bisnis

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi (foto: arcstone.com)
Ilustrasi (foto: arcstone.com)

Salah satu metode yang paling sering digunakan adalah melakukan teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam pemasaran digital melalui website dan platform digital.

RAKYATKU.COM -- Dalam pemasaran bisnis secara online, dibutuhkan strategi pemasaran online untuk membantu meningkatkan omset bisnis. Berdasarkan perubahan-perubahan yang kerap terjadi dalam algoritma mesin pencarian digital dan platform digital sebagai media pemasaran online, menuntut tenaga ahli pemasaran online berpikir kreatif serta aktif melakukan inovasi dan trik strategi pemasaran digital.

Salah satu metode yang paling sering digunakan adalah melakukan teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam pemasaran digital melalui website dan platform digital.

 

Penerapan teknik optimasi mesin pencarian yang tepat sasaran dan inovatif sesuai perubahan yang kerap terjadi, secara signifikan mampu meningkatkan omset bisnis hingga meraih angka fantastis dan menghasilkan operasional bisnis yang berkesinambungan.

Apa Tujuan dari SEO?

SEO bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan meningkatkan organic traffic (kunjungan tidak berbayar) pada website bisnis Anda. Melalui penggunaan teknik yang tepat, maka website bisnis yang dibangun bisa dengan mudah muncul dalam daftar teratas pada mesin pencarian seperti Google, Bing, dan lainnya.

Cara kerja teknik optimasi mesin pencarian membutuhkan beberapa aspek untuk diterapkan pada konten berkualitas dan memerlukan waktu agar hasil sesuai dengan yang ditargetkan, seperti penggunaan backlink, meta tag, keyword, hingga optimasi tampilan website.

Backlink: Pengertian dan Manfaat untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Salah satu aspek penting dalam penerapan teknik SEO adalah melakukan link building pada website bisnis Anda. Dari banyaknya link yang perlu Anda buat, backlink berkualitas merupakan satu link yang paling penting dan wajib tersedia agar website Anda mendapat kredibilitas tinggi di mata mesin pencarian.

Menurut seedbacklink.com, backlink adalah tautan yang mengarah ke website atau blog bisnis Anda. Dalam aktivitas membangun backlink, terdapat istilah penyedia dan penerima backlink. Penyedia backlink adalah website atau blog yang memasukkan tautan website atau blog milik orang lain. Sebaliknya, penerima backlink adalah website atau blog yang mendapat tautan dari website atau blog milik orang lain.

Manfaat Backlink

Manfaat backlink tidak sesederhana yang terlihat dari pengertiannya. Backlink merupakan teknik SEO penting yang mampu membantu menaikkan visibilitas website bisnis sehingga pada akhirnya meningkatkan omset bisnis Anda.

Semakin tinggi jumlah backlink berkualitas yang Anda terima, maka posisi website Anda semakin baik di halaman mesin pencarian. Pengunjung bisa dengan mudah menemukan informasi yang dicari dan mengarah pada website bisnis Anda. berikut ini. Manfaat lain yang bisa didapat dari penggunaan backlink, di antaranya adalah:

1. Mempercepat Pengindeksan

Mesin pencari bekerja dengan cara merayapi website secara berkala dan membuat indeks berdasarkan hasil perayapan. Dengan banyaknya jumlah backlink berkualitas yang Anda terima, maka website bisa lebih cepat terindeks dan muncul di halaman mesin pencarian.

2. Referral Traffic

Penerima backlink juga menerima traffic tambahan dari website penyedia backlink. Apalagi jika penyedia backlink merupakan website populer dengan organic traffic yang tinggi, yang bisa menjadi traffic website bisnis Anda juga.

3. Membangun Reputasi Website

Website dengan jumlah backlink yang banyak dianggap sebagai website kredibel dan populer di mata mesin pencari. Jika ada pengunjung organik mengetik kata kunci, mesin pencari cenderung memberi rekomendasi konten berkualitas dari website populer dan kredibel. Dengan demikian, sangat penting membangun backlink agar website bisnis Anda muncul di daftar teratas pada halaman mesin pencarian.

4. Meningkatkan Nilai DA dan PA

Domain Authority merupakan matriks pengukur kekuatan website. Dalam teknik SEO, semakin tinggi nilai DA suatu website, maka semakin mudah website tersebut mendapat posisi terbaik di mesin pencarian.

Sedangkan Page Authority merupakan matriks pengukur kekuatan URL pada website bisnis Anda, dengan range nilai 1 hingga 100. Semakin tinggi PA halaman website, maka semakin besar peluang mendapat peringkat teratas mesin pencari.

Cara Mendapatkan Backlink

Untuk mendapatkan backlink agar penerapan teknik SEO bisa berdampak baik pada website bisnis, Anda perlu melakukan beberapa cara, di antaranya adalah:

1.Membuat Konten Berkualitas

Konten berkualitas membantu traffic mengunjungi website Anda dengan mudah. Penyedia backlink juga akan mengizinkan Anda menjadi penerima backlink yang menampilkan website dengan konten berkualitas.

2.Gunakan Platform Digital Lain

Cantumkan link website bisnis Anda pada platform media sosial yang Anda punya. Anda juga bisa memanfaatkan forum diskusi online, kolom komentar (guest blogging), serta platform digital lain untuk memposting tautan yang mengarah pada website bisnis Anda.

3.Teknik Skyscraper

Temukan konten dengan banyak tautan pada website atau blog orang lain, lalu Anda buat konten yang relevan dan meminta website bertindak sebagai penyedia backlink dan menautkan website Anda.

4.Membangun Broken Link

Hampir mirip dengan teknik skyscraper, Anda mencari broken link pada website atau blog lain yang relevan dengan website dan konten Anda, dan menawarkan tautan website Anda sebagai gantinya.

5.Gunakan Marketplace Backlink

Saat ini sudah tersedia banyak marketplace backlink yang menyediakan jasa jual beli backlink berkualitas dan profesional. Marketplace bertindak sebagai penghubung antara website Anda dengan penyedia backlink untuk membantu penerapan strategi pemasaran dan optimasi teknik SEO yang tepat untuk website Anda.

Backlink wajib digunakan dalam penerapan teknik SEO pada website bisnis Anda. Pastikan website bisnis Anda mendapat tautan dari banyak website dan blog populer. Visibilitas dan organic traffic website akan meningkat dan pada akhirnya memberi dampak signifikan pada pemasaran dan omset bisnis Anda.

Segera tingkatkan reputasi produk, perusahaan, dan website bisnis Anda secara masif yang bisa didapat dengan cara membangun backlink berkualitas!