Senin, 08 Mei 2023 08:38

Indra Sjafri: Alhamdullilah, 3 Kemenangan dengan 11 Gol Tanpa Kebobolan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelatih Timnas Indonesia U-22,  Indra Sjafri. (Foto: PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri. (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-22 berhasil lolos ke babak semifinal SEA Games 2023 Kamboja setelah memenangkan 3 pertandingan dengan mencetak 11 gol tanpa kebobolan. Pelatih Indra Sjafri berharap agar timnya dapat menjaga rekor cleansheet dan meraih medali emas.

RAKYATKU.COM, PHNOM PENH - Timnas Indonesia U-22 memastikan lolos ke babak semifinal SEA Games 2023 Kamboja. Kepastian ini usai Garuda Nusantara menang 3-0 atas Timor Leste pada laga ketiga Grup A di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Ahad (7/5/2023).

Tiga gol anak asuh Indra Sjafri dicetak Ramadhan Sananta (45') dan Fajar Fathur Rahman (62' dan 75'). Hasil ini memastikan langkah Indonesia ke babak semifinal.

Rizky Ridho dan kawan-kawan mengoleksi 9 poin dari 3 laga serta masih menyisakan satu laga. Sejauh ini Timnas Indonesia U-22 mengoleksi 11 gol tanpa kebobolan.

Baca Juga : Terima Bonus, Timnas Indonesia U-22: Terima Kasih, Presiden Jokowi!

Pelatih Indra Sjafri merasa bersyukur atas pencapaian ini. Ia ingin Garuda Nusantara menjaga rekor cleansheet saat menghadapi lawan-lawan lebih tangguh di babak semifinal, bahkan final.

"Pertama tentu kami mengucapkan syukur alhamdullilah, kami bisa melalui tiga match dengan 3 kemenangan, dengan 11 gol tanpa kebobolan. Dan juga alhamdullilah mengantarkan kami tim pertama masuk semifinal. Ini tentu saya ucapkan terima kasih kepada pemain dalam 3 match ini, 20 pemain sudah bekerja keras," kata Indra Sjafri dikutip laman resmi PSSI, Senin (8/5/2023).

"Khusus pemain defending, kita satu-satunya negara yang belum kebobolan, saya apresiasi seluruh pemain. Kami berharap dengan lawan lebih meningkat nanti di semifinal atau final, kita tetap cleansheet," tambahnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Serahkan Bonus Atlet SEA Games 2023, Total Rp289 Miliar

Indra Sjafri menambahkan pentingnya strategi berturnamen. Hal ini dilakukan untuk mencapai target juara membawa medali emas yang terakhir kali direbut Indonesia pada 1991.

"Alhamdulillah tidak ada pemain yang cedera sejauh ini. Kita tunggu hasil Kamboja dan Myanmar. Kita juga menunggu hasil Grup B. Setelah itu kami tim pelatih dan manajer berhitung mana yang terbaik (jadi juara grup atau runner-up grup). Ya, kita lihat strategi berturnamen juga harus ada," jelas pria yang juga Direktur Teknik PSSI tersebut.

"Juara itu harus dicapai secara bertahap kami menyusun perioderisasi dalam tiga tahapan, yakni grup, kita lalu dengan sukses, selanjutnya tinggal semifinal dan final, secara bertahap perioderisasinya harus pas. Kalau untuk pertandingan keempat rombak semua tim sudah pasti. Dan kami berharap ada istirahat selama satu minggu sebelum semifinal," tukasnya.

Baca Juga : Undian Piala AFF U-23 2023: Timnas Indonesia Satu Grup Malaysia

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Kamboja di tempat yang sama sekaligus laga terakhir penyisihan grup A, Rabu (10/5/2023), pukul 19.00 WIB.

#indra sjafri #Timnas Indonesia U-22 #SEA Games 2023