Jumat, 05 Mei 2023 16:16

DLH Makassar Lakukan Penyemprotan Eco Enzyme Upaya Kurangi Bau Menyengat di TPA Antang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
DLH Makassar melakukan penyemprotan larutan eco enzyme di TPA Antang, Kamis (4/5/2023).
DLH Makassar melakukan penyemprotan larutan eco enzyme di TPA Antang, Kamis (4/5/2023).

DLH Makassar melakukan penyemprotan eco enzyme untuk mengurangi bau menyengat akibat pembenahan akses jalan di TPA Antang. Eco enzyme merupakan cairan multifungsi yang dapat dibuat sendiri dan berfungsi sebagai pembersih, penyaring udara, serta menetralkan bau tidak sedap dari sampah.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pembenahan akses jalan tengah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang menimbulkan bau menyengat. Karenanya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar memohon maaf sebelumnya.

Tak hanya permohonan maaf, DLH juga melakukan upaya-upaya lain, seperti penyemprotan larutan eco enzyme.

Penyemprotan ini tak dilakukan sendiri, DLH bekerja sama International Nature Loving Association (INLA) Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar, Kamis (4/5/2023).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Kepala DLH Makassar, Ferdy, mengatakan tujuan penyemprotan ini untuk meminimalkan bau sampah yang ditimbulkan akibat pembenahan akses jalan yang tertimbun sampah. Kata dia, salah satu fungsi larutan eco enzyme, yaitu pembersih, penyaring udara, dan menetralkan bau tidak sedap dari sampah.

Penyemprotan ini dibutuhkan 20 liter larutan eco enzyme yang dilarutkan dengan air bersih 16.000 liter kemudian disemprotkan menggunakan mobil damkar.

Ferdy menjelaskan, larutan eco enzyme merupakan larutan atau cairan multifungsi yang dihasilkan melalui proses fermentasi dari campuran sisa sampah organik (buah-buahan dan sayuran), gula merah tebu (molase), dan air.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Warnanya kecokelatan (muda/tua) dan berbau asam manis seperti bau khas fermentasi.

Ferdy mengatakan, larutan eco enzyme sangat mudah dibuat dan ini merupakan salah satu program dari DLH. Karenanya, DLH mengedukasi kepada masyarakat agar dapat membuat sendiri eco enzyme di rumah masing-masing.

“Karena selain mudah dibuat dan berfungsi sebagai cairan serbaguna, larutan eco enzyme juga dapat mereduksi sampah yang terbuang ke TPA salah satu bahan baku yang digunakan adalah sampah sisa buah dan sayuran,” sebutnya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Diketahui, TPA Antang sedang dilakukan pembenahan, yakni pengerukan jalan, bertujuan memudahkan pembuangan sampah ke arah belakang yang ketinggian sampah hanya mencapai kisaran 10 meter.

Selain pengerukan, DLH juga membenahi saluran kolam lindi sepanjang 500 meter. Pembenahan dilakukan karena saluran kolam juga mengalami penimbunan sampah selama musim hujan.

#tpa antang #DLH Makassar #pemkot makassar