Selasa, 02 Mei 2023 18:46

Hardiknas 2023, Ketua DPRD Wajo: Mari Bergerak Bersama Wujudkan Merdeka Belajar

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hardiknas 2023, Ketua DPRD Wajo: Mari Bergerak Bersama Wujudkan Merdeka Belajar

"ari kita perkuat pendidikan kita untuk mempertajam kecerdasan, membangun karakter bangsa yang berakhlak"

RAKYATKU.COM, WAJO - Kabupaten Wajo menggelar kegiatan lomba tingkat Paud, TK, SD, dan SMP, Lomba antarguru inspiratif ASN dan Non ASN lingkup Disdikbud Kabupaten Wajo dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Ketua DPRD Kabupaten Wajo, H. Andi Muhammad Alauddin Palaguna mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional kepada Seluruh Insan Pendidikan. Menurutnya, di balik penetapan oleh negara berdasarkan Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, sebagai wujud dari kepedulian Pemerintah terhadap pendidikan di tanah air, ada sosok yang sangat berjasa di dunia pendidikan Indonesia, Beliau adalah Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889 silam dan kelahirannya dijadikan pijakan peringatan hari tersebut.

“Kita memperingati Hari Pendidikan Nasional bukan semata-mata untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun kita semangat untuk meneruskan wujud Merdeka Belajar, mendidik generasi muda yang cerdas berkarakter, dan membawa masyarakat Kabupaten Wajo untuk membocorkan ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan," ungkap Andi Alauddin usai upacara Hardiknas di Lapangan Merdeka Sengkang pada Selasa (2/5/2023).

Baca Juga : DBR Kembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Bupati Wajo ke PKB

Terbukti, Pemerintah Pusat melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Menristekdikti) telah menerbitkan Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 yang menetapkan tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar”.

Selain itu, Menristekdikti juga menetapkan bulan Mei 2023 sebagai waktu pencadangan bulan Merdeka Belajar.

“Harapan kami selaku Ketua DPRD Wajo, mari kita perkuat pendidikan kita untuk mempertajam kecerdasan, membangun karakter bangsa yang berakhlak dengan program merdeka belajar. Tugas pendidikan ini adalah tanggung jawab bersama, mendidik anak anak generasi penerus bangsa,” demikian kata legislator Partai Amanat Nasional tersebut.

Baca Juga : Pejabat Bupati Wajo Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Surabaya

Meskipun demikian, Belajar tak selalu mudah, dibutuhkan kesabaran, keuletan dan kesungguhan dalam menjalaninya. Saya sangat yakin akan terseleksi siapa yang bersungguh-sungguh pasti dia akan berhasil dalam menata kehidupannya.

“Di momen peringatan Hari Pendidikan Nasional ini, mari kita gunakan untuk meningkatkan kualitas generasi muda kita agar tetap terus belajar hingga akhir hayat,” pungkasnya.

 

Penulis : Abd Rasyid. MS
#DPRD Wajo #pemkab wajo #Amran Mahmud