Sabtu, 29 April 2023 16:15

Hari Otda XXVII, Makassar Raih Penghargaan Penyelenggara Pemerintahan Terbaik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian (kiri), dalam upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII di Anjungan City of Makassar, Sabtu (29/4/2023).
Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian (kiri), dalam upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII di Anjungan City of Makassar, Sabtu (29/4/2023).

Makassar memperoleh penghargaan sebagai salah satu daerah dengan status kinerja tertinggi secara nasional dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah pada 2022, yang diserahkan Mendagri Tito Karnavian pada peringatan Hari Otda XXVII di Anjungan City of Makassar, bersama dengan 9 pemerintah kota, 10 pemerintah kabupaten, dan 3 provinsi lainnya yang juga berhasil meraih penghargaan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kota Makassar meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai salah satu daerah yang berprestasi dengan status kinerja tertinggi secara nasional.

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, dalam upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII di Anjungan City of Makassar, Sabtu (29/4/2023).

Torehan penghargaan yang diraih Makassar didasarkan pada hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah pada 2022. Dari hasil evaluasi ini, Makassar memperoleh skor 3,348.

Baca Juga : Pejabat Bupati Wajo Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Surabaya

Selain Makassar, ada sembilan pemerintah kota lain yang turut memperoleh penghargaan. Di samping itu, juga ada 10 pemerintah kabupaten dan 3 provinsi.

Mendagri Tito menyampaikan ucapan selamat dan memberi apresiasi kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih penghargaan sebagai penyelenggara pemerintahan terbaik.

"Saya ucapkan terima kasih kepada penerima penghargaan. Mudah-mudahan akan memotivasi semangat kita untuk terus dapat melaksanakan tugas sesuai sistem pemerintahan otonomi daerah yang ada," ungkap Mendagri Tito.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Sementara, bagi pemerintah daerah yang belum berhasil memperoleh penghargaan, Mendagri Tito berharap peringatan Hari Otda ini bisa dijadikan momentum untuk introspeksi dan kontemplasi untuk bekerja lebih baik dan berprestasi serta mampu mandiri secara fiskal.

"Karena ujung dari otonomi daerah adalah kemandirian fiskal yang ditandai dengan PAD (pendapatan asli daerah) yang lebih banyak dari transafer pusat. Daerah bisa membiayai diri sendiri tanpa harus bergantung dengan pemerintah pusat," jelas Mendagri Tito.

Adapun 10 pemerintah kota penerimaan penghargaan penyelenggaraan pemerintahan terbaik, yakni Semarang, Surabaya, Surakarta, Bogor, Denpasar, Makassar, Serang, Tangerang, Medan, dan Pare-Pare.

Baca Juga : Pemkot Undang Tito Karnavian di Rakorsus 2024. Zulkifli Nanda Rakorsus Berlangsung Seharian

Sementara, 10 pemerintah kabupaten penerimaan penghargaan, yakni Banyuwangi, Sumedang, Badung, Karanganyar, Sidoarjo, Kulon Progo, Wonogiri, Hulu Sungai Selatan, Konawe, dan Bojonegoro.

Kemudian, tiga provinsi penerimaan penghargaan, yakni Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Jawa Timur.

#pemkot makassar #Hari Otonomi Daerah #Tito Karnavian