Jumat, 28 April 2023 23:45

PT Vale Tumbuhkan Minat Talenta Muda Berkarier di Dunia Tambang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Seminar bertajuk Prospective Career in Mining Industry yang digelar secara hybrid, Kamis (27/4/2023). Secara luring kegiatan berlangsung di Taman Antar Bangsa (TAB) Sorowako, Luwu Timur.
Seminar bertajuk Prospective Career in Mining Industry yang digelar secara hybrid, Kamis (27/4/2023). Secara luring kegiatan berlangsung di Taman Antar Bangsa (TAB) Sorowako, Luwu Timur.

PT Vale Indonesia mendorong talenta muda untuk berkarier di industri pertambangan melalui seminar bertajuk Prospective Career in Mining Industry. Perusahaan juga berkomitmen untuk meningkatkan keberagaman dengan meningkatkan partisipasi perempuan dan penyandang disabilitas serta menolak aksi intoleransi, diskriminasi, dan gangguan yang menghalangi beragam orang dan kelompok berkarir di perusahaan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Vale Indonesia mendorong andil para talenta muda berbakat agar bisa berkarier di industri pertambangan. Upaya ini dilakukan dengan membuka informasi dan kesempatan bagi para talenta muda agar bisa lebih memahami pola kerja di sektor pertambangan.

Melalui seminar bertajuk Prospective Career in Mining Industry yang digelar secara hybrid, Kamis (27/4/2023), PT Vale membuka kesempatan bagi ratusan peserta ikut dalam kegiatan tersebut. Secara luring kegiatan dihadiri peserta di Taman Antar Bangsa (TAB) Sorowako, Luwu Timur, dan bergabung secara virtual serta live YouTube.

CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy, membuka diskusi dengan mengajak peserta menelusuri lebih jauh tentang keragaman, kesetaraan, dan inklusi. Menurutnya, tiga hal itu terbukti dapat menumbuhkan performa yang lebih baik bagi perusahaan, mulai dari inovasi, manajemen risiko, tata kelola sumber daya manusia (SDM), dan pengambilan kebijakan.

“Kesempatan mendapatkan ide-ide kemajuan dan penanganan persoalan terbuka lebar dengan orang-orang yang beragam, pengambilan keputusan pun bisa lebih cermat. Dan kami percaya bahwa lingkungan kerja inklusif menjadi keharusan bisnis bukan kewajiban. Oleh karena itu, kami menyatakan dukungan terhadap keragaman, kesetaraan, dan inklusi melalui Piagam Keberagaman dan Inklusi di tahun 2020,” kata Febri.

Febri mengungkapkan, hadirnya Piagam Keberagaman dan Inklusi PT Vale menjadi jaminan bahwa perseroan menolak keras aksi-aksi intoleransi, diskriminasi, dan gangguan-gangguan yang menghalangi beragam orang dan atau kelompok berkarir di perusahaan.

“Pada akhirnya PT Vale bisa menjadi rumah bagi talenta-talenta muda Indonesia untuk bergabung dan berkarya di PT Vale,” ungkapnya.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

Selain itu, untuk mewujudkan keberagaman, PT Vale saat ini berupaya untuk meningkatkan partisipasi kerja bagi perempuan dan penyandang disabilitas. Hingga 2022 pekerja perempuan PT Vale baru mencapai 8,7 persen. Angka ini ditargetkan terus bertumbuh hingga 18 persen pada 2030.

“Kami ingin merubah persepsi bahwa pertambangan adalah industri maskulin. Kita sadari populasi perempuan lebih banyak di dunia, begitu juga di Indonesia, di antara mereka banyak yang punya potensi yang sama bahkan lebih dari laki-laki. Kita ingin menjaring talenta perempuan untuk bergabung di industri tambang,” ungkap Febri.

Ia menuturkan, tidak berarti PT Vale mengesampingkan laki-laki melainkan ingin mempromosikan kesetaraan kesempatan dan bertujuan menghapus bias bahwa laki-laki harus lebih unggul dari perempuan.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu pernyataan menarik dari Febri adalah kunci sukses dalam karier bergantung pada masing-masing individu pekerja dan bukan ditentukan orang lain. Dengan demikian, ketika ada tantangan di dalam karier, alih-alih menyalahkan pihak lain, dibutuhkan kemauan dan kesadaran untuk mengevaluasi hal-hal apa dari diri sendiri untuk diperbaiki.

Febri mengisahkan, saat ini perjalanan kariernya telah berjalan 15 tahun dan ia memilih PT Vale sebagai perusahaan untuk mengembangkan karier karena nilai-nilai keselamatan sangat dijunjung tinggi.

“Tidak ada gunanya kita bicara karier dan uang jika perusahaan tidak peduli pada keselamatan manusia. Dan di PT Vale, life is matter most. Keselamatan sangat sakral juga fundamental di sini,” tuturnya.

“Selain itu komitmen untuk menjaga lingkungan. Kita bisa lihat Danau Matano sangat dekat dengan area penambangan kami. Bahaya terbesar dari penambangan itu adalah air limpasannya. Namun, kita bisa saksikan Danau Matano masih terjaga, jernih, dan airnya bisa diminum. Padahal, itu air limpasan tambang. Ini salah satu bukti keseriusan PT Vale menjaga kelestarian tlingkungan,” sambung lulusan sarjana ekonomi Universitas Indonesia (UI) ini.

#PT Vale Indonesia