Kamis, 27 April 2023 16:15

Danny Pomanto Pimpin Gladi Kotor Persiapan H-2 Peringatan Hari Otda di Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gladi kotor upacara dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Kamis (27/4/2023).
Gladi kotor upacara dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Kamis (27/4/2023).

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, melakukan finalisasi persiapan kedatangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, dan upacara Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII di Anjungan Pantai Losari. Danny Pomanto bersama jajaran telah melakukan gladi kotor dan menyatakan bahwa persiapan upacara sudah hampir 100 persen siap.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), melakukan finalisasi kedatangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, dan upacara dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII di Anjungan Pantai Losari, Kamis (27/4/2023).

Persiapan menjelang H-2 ini dilakukan Danny Pomanto dan jajaran bersama Protokol Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan melaksanakan gladi kotor.

Danny Pomanto mengatakan, persiapan upacara Hari Otda sudah hampir 100 persen siap. Tersisa beberapa hal yang akan diselesaikan. "Kesiapannya sudah 98 persen, tinggal sedikit-sedikit yang kita benahi," kata Danny Pomanto.

Baca Juga : Pejabat Bupati Wajo Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Surabaya

Ia berharap persiapan demi persiapan yang dilakukan sesuai dengan apa yang ditetapkan bersama. Apalagi, Mendagri Tito dijadwalkan hadir.

"Insyaallah Pak Menteri ada dan insyaallah ini semua persiapan sesuai harapan," harapnya.

Danny Pomanto menyebut pihaknya sangat serius menggarap Hari Otda ini. Pasalnya, upacara ini merupakan kali pertama setelah tiga tahun dan merupakan yang pertama di Indonesia timur selama ini.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

"Ini yang terbesar dan dihadiri undangan seluruh kepala daerah, Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) provinsi dan kabupaten/kota," bebernya.

Ia menuturkan, Hari Otda sebagai momen penting yang akan banyak aspirasi dari kepala daerah. Terlebih, kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya nanti.

"Dengan pengalaman berotonomi daerah tentunya banyak titik-titik yang perlu disempurnakan. Banyak aspirasi daerah yang didengar untuk Indonesia yang kuat," tuturnya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Sebagai tuan rumah, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus mematangkan persiapan menyambut acara akbar yang akan digelar, Sabtu (29/4/2023) mendatang.

Danny Pomanto didampingi perangkat daerah sudah kedua kalinya menjalankan gladi kotor. Ia secara detail memperhatian semua persiapan sejak pukul 06.00 Wita hingga pukul 08.30 Wita. Mulai pelaksanaan upacara hingga lokasi Festival Makassar Kota Makan Enak.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dikabarkan akan mengikuti upacara Hari Otda via virtual. Meski demikian, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Kemendagri.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Hari Otda kali ini akan jadi momentum bagi kepala daerah mewariskan legacy perihal konsep-konsep otda dari pengalaman selama menjabat.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto #Hari Otonomi Daerah