Senin, 24 April 2023 13:05

Pemprov Sulsel Bakal Bangun Empat Unit Arsinum Baru di Kepulauan Selayar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

Pemprov Sulsel berencana membangun empat unit PSU arsinum di Kabupaten Kepulauan Selayar pada 2023, yang akan memberikan layanan air minum yang layak dan aman bagi masyarakat di pulau-pulau dan pesisir. PSU arsinum merupakan program andalan Gubernur Sulsel melalui Dinas Perkimtan.

RAKYATKU.COM, KEPULAUAN SELAYAR - Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi salah satu prioritas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, dalam program penyediaan prasarana, sarana serta utilitas (PSU) air siap minum (arsinum).

PSU arsinum menjadi fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk dilanjutkan pada 2023 ini. Dari rencana 11 unit yang akan dibangun, 4 di antaranya di Kepulauan Selayar.

Empat pembangunan yang dimaksud, yakni di Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu; Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena; Pulau Latondu, Desa Latondu, Kecamatan Takabonerate; dan Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kecamatan Takabonerate.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Buka Musrenbang RPJPD dan RKPD Tahun 2025, Target Pertumbuhan Ekonomi Hingga 6,82 persen

"Tahun ini kembali akan dibangun PSU arsinum di beberapa titik di kabupaten/kota di Sulsel. Empat di antaranya di Selayar," kata Andi Sudirman, Ahad (23/4/2023).

Pada 2022 lalu, kata dia, telah dibangun 10 unit PSU arsinum. "Dua di antaranya di Desa Bonto Borusu dan Desa Menara Indah di Kabupaten Selayar. Alhamdulillah, masyarakat telah menikmati manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat," jelasnya.

PSU arsinum ini menjadi program andalan Gubernur Sulsel melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Perkimtan).

Baca Juga : HUT Ke-22 Palopo, Pj Gubernur Sulsel Serukan Pembangunan Sektor Pantai Timur

"Kita harap dengan hadirnya pembangunan PSU arsinum ini dapat memberikan layanan air minum yang layak dan aman bagi masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir," tuturnya.

#PSU Arsinum #Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman