Minggu, 23 April 2023 09:14

Rusia Usir 20 Lebih Diplomat Jerman

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

"Sebagai balasan atas tindakan bermusuhan Berlin, pihak Rusia memutuskan untuk mengikuti keputusan itu dan mengusir diplomat Jerman dari Rusia," demikian pernyataan Kemlu Rusia

RAKYATKU.COM - Rusia mengusir lebih dari 20 diplomat Jerman. Langkah ini dilakukan sebagai balasan setelah Berlin melakukan tindakan serupa terhadap sejumlah perwakilan Moskow.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan kepada stasiun televisi Zvezda bahwa mereka mengambil keputusan untuk mengusir "lebih dari 20" diplomat Jerman pada Sabtu (22/4).

Zakharova memastikan keputusan ini tak lama setelah Kemlu Rusia mengumumkan "pengusiran massal lagi karyawan misi-misi diplomatik Rusia di Jerman."

Baca Juga : Timnas Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023

Tak lama setelah itu, Kemlu Jerman menyatakan mereka mencatat pernyataan Rusia tersebut. Namun, mereka tak membahas masalah pengusiran tersebut.

Mereka hanya menyatakan kepada AFP bahwa "pemerintah dan pihak Rusia selalu berkomunikasi dalam beberapa pekan belakangan terkait masalah personel perwakilan mereka di luar negeri."

"Penerbangan hari ini merupakan bagian dari proses tersebut," tulis Kemlu Jerman tanpa penjelasan lebih lanjut.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Negeri Beruang Merah tersebut menuding Jerman "terus menghancurkan segala ranah relasi Rusia-Jerman."

"Sebagai balasan atas tindakan bermusuhan Berlin, pihak Rusia memutuskan untuk mengikuti keputusan itu dan mengusir diplomat Jerman dari Rusia," demikian pernyataan Kemlu Rusia.

Rusia juga menyatakan bakal membatasi jumlah karyawan di kantor-kantor perwakilan Jerman di negara mereka.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Rusia mengaku sudah memberikan notifikasi mengenai keputusan ini kepada Duta Besar Jerman di Moskow, Geza Andreas von Geyr, pada 5 April lalu.

Sumber: CNN Indonesia

#Rusia #Jerman