Rabu, 12 April 2023 16:16

Ramadan Andalan Mengaji, Gubernur Sulsel: Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman (kanan), bersama salah seorang peserta Ramadan Andalan Mengaji.
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman (kanan), bersama salah seorang peserta Ramadan Andalan Mengaji.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, membuka Ramadan Andalan Mengaji yang diikuti 465 SMA/SMK se-Sulsel untuk penguatan karakter peserta didik dengan fokus pada mendekatkan diri dengan Al-Qur'an, mencegah radikalisme, serta membentuk karakter akhlak. Data Disdik Sulsel, 94 persen pelajar muslim SMA/SMK telah bisa baca Al-Qur'an.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, membuka kegiatan Ramadan Andalan Mengaji yang diikuti para pelajar SMA/SMK se-Sulsel.

Pembukaan kegiatan yang diikuti para pelajar dari 465 sekolah SMA/SMK ini berlangsung SMK Negeri 2 Makassar, Jalan Pancasila, Makassar, Selasa (11/4/2023).

"Alhamdulillah, membuka Ramadan Andalan Mengaji yang diikuti oleh 465 SMA/SMK se-Sulawesi Selatan," kata Andi Sudirman.

Baca Juga : Korban Hilang Akibat Banjir di Wajo Ditemukan Meninggal Dunia

Menurutnya, kegiatan ini untuk penguatan karakter peserta didik ini diikuti para pelajar muslim tingkat SMA/SMK.

"Selama sepekan mulai hari ini hingga tanggal 16 April 2023, para pelajar mengikuti Ramadan Andalan Mengaji ini akan diberikan pemahaman untuk mendekatkan diri dengan Al-Qur'an, mencegah radikalisme, serta membentuk karakter akhlak," jelasnya.

"Kita juga mendorong pelajar untuk memegang teguh prinsip budaya sipakatau, sipakalebbi, sipakainge," imbuhnya.

Baca Juga : Nakes Sulsel Rela Jalan Kaki untuk Layani Korban Banjir dan Longsor di Titik Terisolir Latimojong

Dari data Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, dari total 310.742 pelajar muslim SMA/SMK, 94 persen di antaranya telah bisa baca Al-Qur'an, bahkan telah melewati target RPJMD 2022, yakni 61,15 persen.

"Hal itu tentu ikut berkontribusi termasuk program literasi Al-Qur'an yang dilakukan di sekolah. Kita mendorong agar pelajar yang muslim untuk bisa baca Al-Qur'an," pintanya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman