Sabtu, 08 April 2023 21:10

Mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Studi PGSD UNM Gelar Workshop Media Pembelajaran Digital

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Studi PGSD UNM Gelar Workshop Media Pembelajaran Digital

Workshop ini diikuti oleh kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari Guru, Dosen dan Mahasiswa serta praktisi Pendidikan.

RAKYATKU.COM -- Mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bidang Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) Tahap 1 mengadakan Workshop "Merancang Media Pembelajaran Berbasis Digital” melalui aplikasi zoom meeting.

Workshop ini dilaksanakan pada hari Sabtu, (8/4/2023) diikuti kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari Guru, Dosen dan Mahasiswa serta praktisi Pendidikan dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Kegiatan workshop ini difokuskan untuk Kelompok Kerja Guru (KKG) dan merupakan bagian dari Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan yang ditempuh oleh Mahasiswa PPG Prajabatan Tahap I di bawah pengampu Dr. Rudi Amir.

Baca Juga : DD Sulsel Gelar Roadshow Sedekah Dongeng dan Workshop

Meskipun kegiatan dilaksanakan secara daring atau dalam jaringan, peserta sangat bersemangat dan antusias dalam mengikutinya.

"Kegiatan seperti ini sangat bagus karena memang sesuai kebutuhan untuk guru saat ini dalam hal menambah pengetahuan, dan mengikuti perkembangan zaman, serta juga meski sebagai salah satu mata kuliah tapi kami apresiasi mahasiswa yang merancang kegiatan dengan sungguh-sungguh, harapan kami semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk guru-guru dan mahasiswa itu sendiri," ujar Ahmad Syawaluddin (Sekretaris PPG Universitas Negeri Makassar) saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Kegiatan workshop ini terdiri dari dua materi yaitu, materi pertama Canva dan Power Point dibawakan oleh Maenuddin Bustanil Syah, yang merupakan Direktur Ulul Albab Center YAJI, dan materi kedua Quiziz dibawakan Agus Supramono, yang merupakan Duta Teknologi Kemdikbudristek.

Baca Juga : Pegawai RSUD Andi Makkasau Ikuti Workshop Jurnalistik dan Kehumasan

Sementara Rudi Amir selaku dosen pengampuh mata kuliah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan dalam sambutannya saat membuka kegiatan Workshop ini berharap semoga apa yang dilakukan ini bisa bermanfaat dan untuk guru-guru khusus guru-guru KKG serta para peserta yang menghadiri kegiatan ini bisa mengambil ilmu dan kedepannya bisa bermanfaat untuk peserta didik saat di terapkan di kelas-kelas nantinya.

"Kegiatan ini kami buat dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dan teman mahasiswa dalam merancang media pembelajaran yang efektif serta mudah dipahami oleh siswa," kata Koordinator Proyek Aldias melalui pesan whatsapp.

Para peserta workshop terkhusus guru sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena meningkatkan pengetahuannya sebagai guru terkhusus dibidang pembuatan media pembelajaran digital.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Guru, STMIK Handayani Gelar Workshop

"Kegiatan ini sangat membantu bagi kami peserta karena terbantu dari segi pembuatan media pembelajaran digital," kata Anwar, saat mengirimkan pesan lewat zoom meeting.

Peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari beberapa kabupaten/ kota yang ada di Sulawesi Selatan, seperti Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Luwu Timur, Soppeng, Sinjai dan lain-lain.

Sebagai akhir dari kegiatan tersebut para peserta workshop diharuskan melaksanakan tugas berupa pembuatan media pembelajaran berbasis digital yang diarahkan langsung oleh panitia pelaksana.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Guru, STMIK Handayani Gelar Workshop

Akhir dari kegiatan ini peserta diharapkan mampu membuat media pembelajaran digital, baik itu canva, power point, dan quiziz.

#workshop #PGSD UNM