Sabtu, 01 April 2023 12:12

Wali Kota Makassar Dukung Dewan Adat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo Revitalisasi Cagar Budaya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunjungan Dewan Adat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo di kediaman Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), Jalan Amirullah, Jumat (31/3/2023).
Kunjungan Dewan Adat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo di kediaman Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), Jalan Amirullah, Jumat (31/3/2023).

Wali Kota Makassar mendukung Dewan Adat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo dalam merevitalisasi situs cagar budaya Kerajaan Tallo, termasuk pembangunan Balla Lompoa di bekas lahan istana kerajaan. Dewan Adat juga akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan untuk pelestarian sejarah dan budaya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mendukung upaya Dewan Adat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo merevitalisasi situs cagar budaya Kerajaan Tallo.

Danny Pomanto menyambut baik rencana pembangunan rumah adat atau Balla Lompoa di bekas lahan istana kerajaan di Jalan Sultan Abdullah.

"Tentu Pemkot Makassar mendukung. Segera siapkan administrasinya sehingga kita bisa bantu," kata Danny Pomanto saat menerima kunjungan Dewan Adat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo di kediamannya, Jalan Amirullah, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Pemkot Makassar, kata dia, terbuka dengan inisiatif Dewan Adat. Apalagi, ada rencana untuk berkolaborasi dalam dunia pendidikan. Hal itu, kata dia, akan sangat membantu siswa-siswi mengetahui tentang sejarah dan kebudayaan.

"Saya bikin Dewan Kebudayaan itu sebagai tanda bahwa Pemkot Makassar peduli terhadap sejarah dan kebudayaan di Makassar," ucap Danny Pomanto.

Ketua Dewan Adat Tinggi Kerajaan Tallo, Ilyas Ali Ari, mengatakan kunjungannya audiensi dengan Wali Kota Makassar sebagai bentuk pelaporan kegiatan pemugaran situs sejarah di Kerajaan Tallo.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

Pihaknya juga meminta Pemkot Makassar melalui agar dibangunkan kembali Balla Lompoa di Tallo.

"Alhamdulillah respons Pak Wali luar biasa, beliau mendukung sepenuhnya," kata Ilyas usai pertemuan.

Pihaknya selanjutnya akan melakukan kerja sama Dinas Pendidikan (Disdik) berkaitan siswa SD-SMP di Makassar untuk mengetahui sejarah-sejarah Kerajaan Tallo. Kolaborasi ini, kata dia, berkaitan pelestarian sejarah dan budaya.

Baca Juga : Bersama Wali Kota Makassar, Ketua DPRD Rudianto Lallo Tur Fasilitas Baru Kantor Balai Kota

"Balla Lompoa akan dibangun dalam lahan istana kerajaan yang dulu di Jalan Sultan Abdullah sebelum makam Raja Tallo dengan luas ukurannya lahannya 40 x 50 meter," jelasnya.

Timnya mencatat, kurang lebih ada 8 situs yang terdata dan sudah ada 4 situs yang terverifikasi.

"Yang baru dilakukan pemugaran oleh Dinas Kebudayaan ada empat situs, termasuk beberapa makam kerabat dari kerajaan Bone," ungkapnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Lantik Ratusan Pejabat Eselon di Kapal Pinisi

Ilyas mengungkapkan, melalui Dewan Adat pihaknya akan mencatat situs-situs cagar budaya lalu dilaporkan ke pemerintah.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto