Jumat, 31 Maret 2023 21:11

Seperti Apa Format dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Naskah ini membahas tentang format dan cara membuat surat lamaran kerja. Menjelaskan secara rinci mengenai langkah-langkah yang harus diikuti dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, mulai dari format yang digunakan, langkah-langkah membuat surat lamaran kerja, hingga cara menulis isi surat.

RAKYATKU.COM - Dalam proses melamar pekerjaan, menyiapkan segala persyaratan dengan baik dan benar adalah suatu keharusan. Hal ini karena tanpa persyaratan yang tepat, akan sulit bagi kita untuk dilirik oleh HR. Nah, salah satu persyaratan yang harus kita penuhi saat melamar kerja adalah surat lamaran kerja.

Walau mungkin surat lamaran kerja adalah dokumen yang sudah umum ditemui, ternyata masih banyak orang yang belum tahu bagaimana membuatnya dengan baik sehingga membutuhkan contoh surat lamaran kerja. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, Anda membuka artikel yang tepat karena di sini kami akan membahasnya secara mendalam. Ayo simak!

Seperti Apa Format Surat Lamaran Kerja
Untuk dapat membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, tentu Anda butuh tahu seperti apa format dalam membuat surat lamaran kerja itu.

Secara umum, berikut ini adalah format yang digunakan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik.

1. Berisikan tempat dan tanggal pembuatan
2. Tuliskan nama penerima, nama perusahaan, serta alamat yang dituju
3. Tulis salam pembuka
4. Jabarkan isi surat
5. Masukkan data diri yang terdiri dari nama, nomor kontak, alamat, serta email
6. Tulis dokumen apa saja yang Anda lampirkan
7. Berikan salam penutup
8. Bubuhkan nama dan tanda tangan

Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja?
Walau sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan recruitment software, Surat lamaran tetap menjadi dokumen penting yang perlu dilampirkan kandidat. Berikut ini adalah langkah dari membuat surat lamaran kerja yang baik.

1. Tulis Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
Pertama, tuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat tersebut. Letaknya di pojok kanan atas. Pastikan Anda memerhatikan penempatan tanda baca dan penggunaan huruf kapital.

2. Penerima
Tulis Penerima dan Alamat Perusahaan
Selanjutnya, Anda perlu menulis nama penerima serta alamat dari perusahaan.

Bila Anda tidak tahu pasti siapa yang akan menerima surat lamaran tersebut tidak masalah bila hanya menyertakan nama perusahaan dan alamatnya.

Perlu diperhatikan, saat menulis penerima, 'Yth' hanya ditulis jika memang terdapat nama terdapat nama penerima. Tapi jika Anda langsung menuliskan nama perusahaan, cukup tulis 'Kepada' lalu diikuti dengan nama perusahaan.

3. Salam Pembuka
Agar terlihat sopan dan profesional, di dalam surat lamaran kerja awalilah dengan salam pembuka dan tulis juga kata pengantar. Untuk salam pembuka biasanya berisi tujuan dari surat itu dibuat.

Jelaskan juga darimana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan ini. Baik itu dari kerabat, media sosial, portal lowongan, atau juga website perusahaan.

4. Menulis Isi Surat
Setelah menulis pembukaan surat, berikutnya Anda perlu menulis isi surat. Di dalam isi surat ini, beberapa hal yang perlu Anda cantumkan antara lain:

1. Nama
2. Alamat
3. Kontak
4. Pendidikan terakhir
5. Tuliskan pengalaman kerja atau organisasi

Di dalam menulis ini ini, pastikan informasi yang Anda tulis bersifat singkat, padat, dan jelas untuk dibaca agar HR langsung menangkap informasinya.

5. Cantumkan Posisi
Berikutnya, jelaskan posisi apa yang Anda lamar di perusahaan. Hal ini penting agar HR bisa mengidentifikasi surat lamaran Anda.

6. Persyaratan Lamaran
Tidak lupa, tuliskan dokumen apa saja yang Anda lampirkan dan menjadi syarat. Beberapa dokumen lamaran pekerjaan yang umum antara lain CV, fotokopi ijazah, transkrip nilai, foto kopi KTP, serta SKCK.

7. Penutup Surat
Selain memberikan salam pembuka, Anda juga harus memberikan salam penutup surat. Di bagian penutup surat ini, tuliskan apa harapan Anda terkait dengan lamaran yang Anda kirim.

Lalu, tidak lupa juga tulis terima kasih. Buat penutup yang singkat tapi tetap formal, tidak perlu menuliskan harapan yang berlebihan.

8. Nama dan Tanda Tangan
Terakhir, bubuhkan tanda tangan serta nama lengkap. Posisinya ada di pojok kanan bawah.

Nah, begitulah contoh surat lamaran kerja, bagaimana sekarang Anda sudah bisa membuat surat lamaran kerja yang tepat bukan?

#Ulasan tentang Surat Lamaran Kerja