Selasa, 28 Maret 2023 22:15

Bupati Luwu Utara Buka Sosialisasi Program SLRT - PUSKESOS

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara Buka Sosialisasi Program SLRT - PUSKESOS

Indah berharap dari kegiatan ini para peserta SDM Penyelenggara Puskesos-SLRT dapat bekerja maksimal dan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA -- Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani membuka sosialisasi program SLRT - PUSKESOS dan pengelolaan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kabupaten Luwu Utara tahun 2023.

Indah berharap dari kegiatan ini para peserta SDM Penyelenggara Puskesos-SLRT dapat bekerja maksimal dan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Kabupaten Luwu Utara yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial sebagai salah satu lokasi Penyelenggaraan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu-Pusat Kesejahteraan Sosial (SLRT-Puskesos) pada Tahun 2020.

Baca Juga : Musrenbang RPJPD, Pemkab Luwu Utara Tetapkan Visi Pembangunan 2025—2045

SLRT sebuah program yang di desain sebagai wadah bagi masyarakat menyampaikan keluhan, aduan juga tempat untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial. Sistem yang dibangun dengan tujuan mewujudkan Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan di Luwu Utara.

" Sistem ini juga membantu Pemerintah Daerah dalam mengidentifikasi kebutuhan masyarakat fakir miskin, orang tidak mampu serta Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial atau PPKS lainnya dengan memperhatikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang menjadi rujukan dalam melakukan intervensi bantuan sosial ataupun program pemberdayaan masyrakat lainnya," jelas Indah, Selasa (28/03/2023)

Ditetapkan sebagai salah satu lokasi Penyelenggaraan SLRT-Puskesos

Baca Juga : Luwu Utara Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menyambut positif penetapan tersebut, sebap hal tersebut juga seiring dengan Visi Misi Pemerintah Kab Luwu Utara yang dijabarkan dalam Program Prioritas 5 BISA.

"Sebagai tindak lanjutnya Pemerintah Kabupaten Luwu Utara telah membentuk SLRT Tingkat Kab Luwu Utara, Pembentukan Puskesos Tingkat Desa dan Kelurahan Se Kab. Luwu Utara serta telah membentuk Tim Koordinasi SLRT-PUSKESOS Luwu Utara yang terdiri dari SKPD/Instansi terkait lainya," ungkap Indah.

Indah menambahkan, keberhasilan pelaksanaan SLRT-PUSKESOS di Desa dan Kelurahan serta pengelolaan DTKS ini, tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, agar mencapai kualitas pelayanan perlindungan sosial yang responsif, komprehensif serta integratif, demi mengurangi angka kemiskinan, kerentanan dan kesenjangan Sosial.

Baca Juga : Banjir di Bone-Bone, Bupati Luwu Utara Imbau Warga Tetap Waspada

"Untuk itu para supervisor, fasilitator dan pelaksana teknis SLRT-Puskesos di Kabupaten dan para Pelaksana Puskesos di tingkat Desa maupun kelurahan sebagai salah satu ujung tombak dilapangan, saya berharap dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini, para peserta penyelenggara SLRT-Puskesos dapat bekerja maksimal dan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik," pungkasnya.

Sosialisasi program SLRT - PUSKESOS dan pengelolaan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kabupaten Luwu Utara tahun 2023 ini juga dihadiri sebagai nara sumber Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Sosial RI, Arif Syafroddin. (*)

#pemkab luwu utara