Jumat, 24 Maret 2023 16:10

Korea Utara Uji Drone Bawah Air Berkemampuan Nuklir Baru

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rudal yang ditembakkan oleh militer Korea Utara di lokasi yang dirahasiakan dalam gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada 20 Maret 2023. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mengawasi latihan simulasi serangan balik nuklir terhadap AS dan Korea Selatan dalam peringatan kepada sekutu yang tengah menggelar latihan militer bersama, melalui media pemerintah KCNA pada hari Senin. KCNA via REUTERS
Rudal yang ditembakkan oleh militer Korea Utara di lokasi yang dirahasiakan dalam gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada 20 Maret 2023. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mengawasi latihan simulasi serangan balik nuklir terhadap AS dan Korea Selatan dalam peringatan kepada sekutu yang tengah menggelar latihan militer bersama, melalui media pemerintah KCNA pada hari Senin. KCNA via REUTERS

Selama pengujian, drone Korea Utara yang baru meluncur di bawah air pada kedalaman 80 hingga 150 meter (260-500 kaki) selama lebih dari 59 jam dan meledakkan muatan non-nuklir di perairan lepas pantai timur

RAKYATKU.COM - Korea Utara telah menguji serangan drone bawah air berkemampuan nuklir baru, pemerintah melaporkan pada hari Jumat, ketika pemimpin Kim Jong Un mengubah latihan militer bersama oleh Korea Selatan dan AS harus dihentikan.

Selama pengujian, drone Korea Utara yang baru meluncur di bawah air pada kedalaman 80 hingga 150 meter (260-500 kaki) selama lebih dari 59 jam dan meledakkan muatan non-nuklir di perairan lepas pantai timurnya pada hari Kamis, kantor berita negara Korea Utara kata KCNA.

Korea Utara bermaksud untuk memberi sinyal "kepada Amerika Serikat dan Korea Selatan bahwa dalam perang, vektor potensial pengiriman senjata nuklir yang harus dikhawatirkan dan ditargetkan oleh sekutu akan sangat luas," kata Ankit Panda, rekan senior di AS yang berbasis di Carnegie Endowment for International Peace

Baca Juga : Pemimpin Oposisi Korsel Lee Jae-myung Ditikam Saat Konferensi Pers

“Akan ada silo, gerbong kereta, kapal selam, dan peluncur rudal bergerak. Dan sekarang mereka menambahkan torpedo bawah air ini ke dalam campuran,” katanya.

Pada hari Senin, negara yang terisolasi itu menerbangkan rudal jarak pendek dari silo yang terkubur, berbeda dengan metode pangkalan biasa.

Dijuluki "Haeil", atau tsunami, sistem drone baru dimaksudkan untuk melakukan serangan diam-diam di perairan musuh dan menghancurkan kelompok penyerang angkatan laut dan pelabuhan operasional utama dengan menciptakan gelombang radioaktif besar melalui ledakan bawah air, kata KCNA.

Baca Juga : AS Kirim VAMPIRE ke Ukraina 

"Drone serangan bawah air nuklir ini dapat dikerahkan di pantai dan pelabuhan mana pun atau ditarik oleh kapal permukaan untuk operasi," kata kantor berita itu, menambahkan bahwa Kim mengawasi uji coba tersebut.

Seorang pejabat militer Korea Selatan mengatakan mereka sedang menganalisis klaim Korea Utara. Seorang pejabat AS, berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan tidak ada indikasi uji coba nuklir.

Tidak jelas apakah Korea Utara telah sepenuhnya mengembangkan miniatur hulu ledak nuklir yang diperlukan untuk senjata yang lebih kecil.

Baca Juga : Penembakan Massal Terjadi di Berbagai Kota AS, Lebih dari 12 Orang Tewas

Analis mengatakan menyempurnakan hulu ledak seperti itu kemungkinan besar akan menjadi tujuan utama jika Korut melanjutkan uji coba nuklir.

TORPEDO BESAR

Sebuah foto yang dirilis oleh media pemerintah menunjukkan Kim tersenyum di samping objek besar berbentuk torpedo, tetapi tidak mengidentifikasinya sebagai drone baru. Foto lain menunjukkan jejak lintasan objek di bawah air, dan ledakan terlihat di permukaan laut.

Baca Juga : Kremlin Tuduh AS Terlibat dalam Dugaan Upaya Pembunuhan Putin

Panda mengatakan konsep operasional senjata itu mirip dengan torpedo nuklir Poseidon Rusia, kategori baru senjata pembalasan yang dimaksudkan untuk menciptakan ledakan radioaktif yang merusak di daerah pesisir.

Pada hari Jumat Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengatakan dia akan memastikan Korea Utara membayar untuk "provokasi sembrono", selama pidato untuk memperingati anggota militer yang tewas dalam bentrokan dengan Korea Utara di perairan barat, termasuk tenggelamnya kapal angkatan laut tahun 2010 itu. Korea Selatan mengatakan terkena torpedo Korea Utara.

Korea Utara juga mengatakan telah menembakkan rudal jelajah pada hari Rabu untuk berlatih melakukan serangan nuklir taktis, membenarkan laporan sebelumnya dari militer Korea Selatan.

Baca Juga : Kolombia Usir Tokoh Oposisi Venezuela yang Didukung AS

Rudal jelajah berujung dengan "uji hulu ledak yang mensimulasikan hulu ledak nuklir," dan terbang 1.500-1.800 km (930-1.120 mil), menurut KCNA.

Tes terbaru terjadi ketika pasukan Korea Selatan dan AS meluncurkan latihan pendaratan amfibi terbesar mereka dalam beberapa tahun, yang melibatkan kapal serbu amfibi AS , pada hari Senin.

Korea Utara mengatakan latihan militer oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan mengharuskan pasukannya untuk "mempersiapkan diri untuk perang habis-habisan dan memperkuat kekuatan nuklirnya baik dalam kualitas maupun kuantitas berdasarkan prioritas".

Baca Juga : Kolombia Usir Tokoh Oposisi Venezuela yang Didukung AS

Pyongyang telah lama marah pada latihan yang dilakukan oleh pasukan Korea Selatan dan AS, dengan mengatakan mereka sedang mempersiapkan invasi ke Korea Utara.

Korea Selatan dan AS mengatakan latihan itu murni defensif dan telah menghukum uji coba Korut sebagai destabilisasi dan sanksi sanksi PBB.

Sekutu menyelesaikan 11 hari latihan musim semi reguler mereka, yang disebut Freedom Shield 23, pada hari Kamis, tetapi latihan lapangan lainnya terus berlangsung.

Baca Juga : Kolombia Usir Tokoh Oposisi Venezuela yang Didukung AS

Pemimpin Korea Utara Kim menyatakan "keinginannya untuk membuat imperialis AS dan rezim boneka Korea Selatan putus asa atas pilihan mereka," kata KCNA, menambahkan bahwa ia memusnahkan musuh bahwa mereka harus menghentikan latihan perang anti-Korea Utara yang sembrono.

Direktur Badan Intelijen Pertahanan AS mengatakan pada hari Rabu bahwa pemimpin Korea Utara Kim tampaknya tidak siap untuk melakukan uji coba nuklir selama latihan militer AS-Korea Selatan, tetapi Amerika Serikat tetap waspada.

Sumber: Reuters

#Korea Utara #Korea Selatan #Amerika Serikat