Senin, 20 Maret 2023 16:01

Atlet Bulu Tangkis Tanah Air, Syabda Perkasa Meninggal Dunia Dalam Kecelakaan

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tunggal putra Indonesia Syabda Perkasa Belawa (21 tahun) meninggal dunia dalam kecelakaan di jalan tol Pemalang (Jawa Tengah), Senin (20/3/2023).
Tunggal putra Indonesia Syabda Perkasa Belawa (21 tahun) meninggal dunia dalam kecelakaan di jalan tol Pemalang (Jawa Tengah), Senin (20/3/2023).

Syabda Perkasa merupakan atlet tunggal putra Indonesia yang sempat membela tim Indonesia pada Piala Thomas 2022

RAKYATKAU.COM - Atlet bulu tangkas Tanah Air, Syabda Perkasa Belawa (21) meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Tol Pemalang, Jawa Tengah pada Senin (20/3/2023) dini hari WIB.

Kejadian nahas ini berawal ketika Syabda bersama keluarga dalam perjalanan darat dari Bekasi menuju Sragen Jawa Tengah pada Minggu (19/3/2023) malam WIB.

Syabda dan keluarga ke Sragen untuk menghadiri acara pemakaman nenek dari sang ibunda yang baru meninggal dunia.

Baca Juga : Kejuaraan Bulutangkis Rangkaian HUT Sulsel Ke-354

Di tengah perjalanan, kendaraan yang dikemudikan ayah Syabda menabrak kendaraan lain dari belakang di jalan tol.

Ibu sang atlet, Anik Sulistyowati (49 tahun) juga meninggal dunia akibat kecelakaan itu.

Ayah Syabda dalam kondisi kritis. Sementara kakaknya dan adiknya mengalami luka-luka dan masih dalam perawatan di Rumah Sakit Islam Al Ikhlas, Pemalang.

Baca Juga : Mobil Terjun ke Got, Lima Penumpang Meninggal Dunia

Kejadian ini menjadi duka dunia bulu tangkis Indonesia. Ucapan duka mengalir dari berbagai kalangan atas meninggalnya Syabda, termasuk dari PBSI.

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Kami keluarga besar PP PBSI, insan bulutangkis, dan para pecinta bulutangkis tentu merasa sangat kehilangan dengan meninggalnya Syabda, pemain yang memiliki talenta besar dan tangguh," ucap Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dalam rilisnya.

"Kami mengucapkan turut berduka cita yang mendalam. Untuk keluarga yang masih dirawat, semoga segera diberi kesembuhan dan kesehatan kembali seperti sedia kala," imbuh Agung Firman Sampurna.

Baca Juga : Tok! Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun Penjara Kasus Kecelakaan Selebgram Laura Anna

Christian Adinata yang merupakan rekan sekamar Syabda di asrama Pelatnas Cipayung, Jakara Timur merasa sangat kehilangan atas musibah tersebut.

"Saya merasa kehilangan banget dengan meninggalnya Syabda, teman sekamar saya. Syabda itu orangnya selalu nyenengin, selalu bisa membuat mood jadi tambah bagus," kata Christian Adinata.

"Dia juga sangat rajin dan tekun. Dia selalu jadi penyemangat bagi rekan-rekannya, baik saat latihan atau ketika bertanding," tambahnya.

Baca Juga : Buru-Buru Hendak Padamkan Kebakaran, Mobil Damkar Jeneponto Terguling Sebelum Tiba di TKP

Syabda Perkasa merupakan atlet tunggal putra Indonesia yang sempat membela tim Indonesia pada Piala Thomas 2022. Syabda Perkasa ketika itu menjadi pahlawan kemenangan Indonesia melawan Korea Selatan pada laga pamungkas Grup A. Berkat jasanya, Indonesia kala itu jadi juara Grup A.

Pada 2023, Syabda telah berhasil meraih satu gelar juara dalam ajang Iran Fajr International Challenge 2023 setelah mengalahkan wakil Malaysia, Justin Hoh, di partai puncak.

Sumber: kompas.com

#bulu tangkis #kecelakaan lalu lintas