Jumat, 17 Maret 2023 20:32

Edukasi Ratusan Warga Makassar Cara Memilih Olahan Makanan yang Aman, Aliyah Mustika Gandeng BPOM Gelar KIE

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto bersama ibu Aliyah Mustika (tengah) bersama BPOM dan Masyarakat
Foto bersama ibu Aliyah Mustika (tengah) bersama BPOM dan Masyarakat

Waspada makanan olahan yang dijual di pasaran selama bulan puasa.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR--Sepekan memasuki bulan suci Ramadan 1444 H, Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) masifkan edukasi ke warga pilah olahan makanan aman.

Hal tersebut diperkuat melalui sosialisasi Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Obat dan Makanan di Hotel Aerotel Smile Makassar, Jumat 17 Maret 2023.

Legislator Demokrat ini menilai giat tersebut mutlak di maksmalkan. Sebab katanya, di bulan suci Ramadhan olahan makanan akan banyak diperjual belikan.

Baca Juga : Anggota DPR RI Komisi IX Serukan ke Warga, Dukung Program Makassar Recover

"Dan tidak sedikit juga, oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan moment tersebut yang dipasarkan baik secara langsung ataupun daring," terang Aliyah Mustika.

Sehingga diharapkan, melalui KIE ini dapat menjadi ladang ilmu bagi masyarakat untuk mengenali hingga memilah olahan makanan yang aman dikonsumsi saat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.

Perwakilan Balai Besar POM Makassar, Erni Arnida dalam edukasinya menyebutkan volume olahan makanan siap saji di bulan suci Ramadhan tentu akan meningkat.

Baca Juga : Anggota DPR RI Komisi IX Serukan ke Warga, Dukung Program Makassar Recover

"Namun tidak semua olahan makanan tersebut dijamin layak konsumsinya. Untuk itu melalui KIE ini masyarakat bisa lebih mengenali makanan yang berpotensi ditambah dengan bahan-bahan berbahaya seperti pewarna atau formalin," pungkas Erni.

Dia menambahkan jika pihaknya bersama mitra Komisi IX DPR RI akan terus memaksimalkan KIE tersebut dan juga melakukan pengawasan edaran olahan makanan dalam menyambut bulan Suci Ramadhan.

Sosialisasi dibalut edukasi ini turut dihadiri Ahmad Yani dan Ana Adriani selaku pemateri KIE dan ratusan warga dari berbagai kecamatan di Kota Makassar. (**)

#Aliyah Mustika #DPR RI Komisi IX #Sosialisasi Komunikasi Informasi Edukasi (KIE)