Sabtu, 18 Maret 2023 14:14

Kalla Lines-PT National Marine Contractor Jalin Kerja Sama Pembuatan Kapal Tug Boat dan Barge

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penandatanganan kerja sama pembuatan kapal tug boat dan barge Kalla Lines dengan PT National Marine Contractor di Wisma Kalla, Kota Makassar, Jumat (17/3/2023).
Penandatanganan kerja sama pembuatan kapal tug boat dan barge Kalla Lines dengan PT National Marine Contractor di Wisma Kalla, Kota Makassar, Jumat (17/3/2023).

Kalla Lines dan PT National Marine Contractor menandatangani kerja sama pembuatan kapal tug boat dan barge. Kalla Lines mengeluarkan anggaran sekitar Rp100 miliar untuk pembuatan kapal ini dengan target selesai dalam waktu satu tahun.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla Lines dan PT National Marine Contractor menandatangani kerja sama pembuatan kapal tug boat dan barge di Wisma Kalla, Kota Makassar, Jumat (17/3/2023).

Chief Operation Officer (COO) Kalla Lines, Muhammad Naim, dan Chief Executive Officer & Naval Arch PT National Marine Contractor, Supriadi, memimpin penandatanganan kerja sama itu.

Menurut Naim, Kalla Lines melakukan penambahan armada dengan strategi pengembangan bisnis logistik untuk menangkap peluang pasar. Armada baru ini terdiri dari 1 unit kapal tug boat dan 2 unit barge. Hal ini menunjukkan permintaan angkutan nikel ore yang ditangani Kalla Lines terus meningkat.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, KALLA Tanam Ribuan Bibit Bersama Pemprov Sulsel

"Selain melayani distribusi kendaraan, Kalla Lines melakukan diversifikasi ke pengangkutan nikel lantaran saat ini komoditas tersebut tengah menjadi primadona. Sekaligus mendukung misi pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui industri hilirisasi," ujar Naim.

Pembuatan kapal barge direncanakan memiliki kapasitas angkut muatan sekitar 10.000 - 10.500 ton, sedangkan tug boat memiliki kapasitas daya mesin 2.400 tenaga kuda. Kalla Lines percaya PT National Marine Contractor sebagai mitra yang ahli dan profesional di bidangnya.

Kalla Lines mengeluarkan anggaran sekitar Rp100 miliar untuk pembuatan 1 unit kapal tug boat dan 2 unit barge. Proses pembuatan kapal ditargetkan selesai dalam waktu kurang lebih satu tahun.

Baca Juga : Perkuat Armada Pengangkut Tambang, Kalla Lines Tambah Tugboat dan Tongkang

Supriadi merasa bangga dan terhormat dapat berkolaborasi dengan Kalla Lines. Menurutnya, Kalla Lines merupakan perusahaan ternama di wilayah timur Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Kalla Lines sehingga terlaksananya kerja sama ini yang menandakan bahwa PT National Marine Contractor layak dan berkualitas sebagai penyedia jasa pembuatan kapal yang dibutuhkan oleh Kalla Lines," kata Supriadi.

Dia menambahkan, kerja sama ini menjadi tantangan dan peluang bagi PT National Marine Contractor untuk memenuhi permintaan Kalla Lines dengan baik.

Baca Juga : Sepanjang 2023, Kalla Lines Konsisten Pimpin Market Share Pengiriman Kendaraan Rute Jakarta-Makassar

PT National Marine Contractor merupakan perusahaan pembangunan kapal yang telah berdiri sejak 2016. Selama perjalanan bisnisnya, PT National Marine Contractor telah sukses mengerjakan pembangunan kapal seperti barge/pontoons dragger barges, fishing vessel, dan tug boat/harbor tug untuk pemerintah Indonesia dan perusahaan dalam negeri.

 

#Kalla Lines #Kalla Group