Kamis, 16 Maret 2023 15:31

Jelang Ramadhan, Pemda Enrekang Pantau Harga di Pasar

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jelang Ramadhan, Pemda Enrekang Pantau Harga di Pasar

“Menurut hasil pemantauan saat ini khususnya di pasar sentral Enrekang menjalang bulan suci Ramadhan sudah terjadi fluktuasi harga"

RAKYATKU.COM - Kadis Ketahanan Pangan Enrekang, Syaparuddin memimpin pemantauan harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Sentral Enrekang dan Pasar Modern seperti Indomaret Kamis 16/03/2023.

Hadir pula instansi terkait seperti Disperindag, Badan Pusat Statistik, Diskominfo-ST, Bapeda-Litbang, Inspektorat, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas TPHP, dan TNI/Polri

Pemantauan Harga Bahan Kebutuhan Pokok merupakan tindak lanjut dari Rapat Monitoring Perkembangan Harga, Ketersedian Bahan Pokok, serta langkah strategis yang akan dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan keamanan konsumen terhadap kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H nantinya.

Baca Juga : Bupati Muslimin Bando Serahkan 110 Beasiswa PIP Reguler di Penja

Syaparuddin mengatakan hasil pemantauan tim di Pasar Sentral Enrekang sudah terjadi fluktuasi harga sejak seminggu terakhir.

“Menurut hasil pemantauan saat ini khususnya di pasar sentral Enrekang menjalang bulan suci Ramadhan sudah terjadi fluktuasi harga, mulai dari beras medium di kisaran harga 12.000/kg, Ayam Potong 55.000/1,9kg dan lain sebagainya,” ucapnya.

Syaparuddin mengatakan sebagai langkah mengantisipasi lonjakan harga di tingkat konsumen pihaknya akan mengadakan pasar murah yang juga serentak dilaksanakan di 3 kabupaten yaitu kabupaten Enrekang, Soppeng dan Luwu Utara dalam menyambut bulan suci Ramadhan nantinya.

Baca Juga : 8 Tim Ikuti Turnamen Sepakbola Legend U-40 di Enrekang

“Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan instansi terkait akan melaksanakan pasar murah pada Senin dan Selasa yang berpusat di Anjungan Sungai Mata Allo, ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga yang cukup signifikan ditingkat konsumen,” tambagnya.

Berikut daftar harga bahan pokok yang ada di Pasar Sentral Enrekang yang sempat dihimpun tim Humas Enrekang :

Beras medium 11.500 - 12.000/kg sedangkan beras premium 14.000/kg
Telur Ayam Ras 52.000 s/d 55.000 per Rak
Minyak kita (subsidi) 18.000/liter
Cabe Rawit 45.000/kg
Bawang Putih 30.000/kg
Bawang merah 28.000/kg
Ayam potong 55.000/1.9kg

Penulis : Hasrul Nawir
#Kabupaten Enrekang