Selasa, 14 Maret 2023 20:49

PM Inggris: China Menimbulkan Tantangan yang Menentukan Zaman Bagi Tatanan Dunia

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak
© Stefan Rousseau/Pool via AP
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak © Stefan Rousseau/Pool via AP

Menurut dokumen setebal 63 halaman itu, Inggris Raya "akan semakin memperkuat perlindungan keamanan nasional kami di wilayah-wilayah di mana tindakan PKT (Partai Komunis Tiongkok - TASS) menimbulkan ancaman bagi rakyat, kemakmuran, dan keamanan kami."

RAKYATKU.COM - China menimbulkan tantangan bagi tatanan dunia yang ingin dilihat Barat, kata Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dalam kata pengantar untuk Integrated Review Refresh 2023 yang dirilis pada Senin.

"Tiongkok menimbulkan tantangan yang menentukan zaman untuk jenis tatanan internasional yang ingin kita lihat, baik dalam hal keamanan maupun nilai - sehingga pendekatan kita harus berkembang," kata perdana menteri Inggris itu.

"Kami akan bekerja dengan mitra kami untuk terlibat dengan Beijing dalam isu-isu seperti perubahan iklim. Tetapi di mana ada upaya oleh Partai Komunis China untuk memaksa atau menciptakan ketergantungan, kami akan bekerja sama dengan pihak lain untuk melawan mereka. Dan kami mengambil tindakan baru untuk melindungi diri kita sendiri, demokrasi kita dan ekonomi kita di rumah."

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Menurut dokumen setebal 63 halaman itu, Inggris Raya "akan semakin memperkuat perlindungan keamanan nasional kami di wilayah-wilayah di mana tindakan PKT (Partai Komunis Tiongkok - TASS) menimbulkan ancaman bagi rakyat, kemakmuran, dan keamanan kami." Selanjutnya, "Inggris akan memperdalam kerja sama kami dan meningkatkan keselarasan dengan sekutu inti kami dan kelompok mitra yang lebih luas" dan akan "terlibat langsung dengan China, secara bilateral dan dalam forum internasional untuk melestarikan dan menciptakan ruang bagi hubungan yang terbuka, konstruktif, dapat diprediksi, dan stabil. yang mencerminkan pentingnya China dalam urusan dunia," kata dokumen itu.

Sumber: TASS

#China #Inggris