Senin, 13 Maret 2023 19:00

Keuntungan Pakai Aplikasi Inventory Barang untuk Online Shop

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Keuntungan Pakai Aplikasi Inventory Barang untuk Online Shop

Aplikasi inventory sangat memudahkan mengurus usaha jauh lebih efektif dan efisien.

RAKYATKU.COM -- Memiliki bisnis online shop, pastinya Anda tidak hanya penting untuk memilih aplikasi online shop terbaik saja. Alasannya karena sebuah toko online juga butuh pengelolaan barang, salah satunya pengaturan untuk stok barang yang baik. 

Hal ini bisa diwujudkan dengan menggunakan aplikasi inventory barang. Dimana zaman sekarang sangat mudah untuk menemukan aplikasi stok barang yang bisa memudahkan Anda, untuk penyetokan barang apabila usaha terus berkembang dan memiliki banyak pelanggan. Selain itu apa saja keuntungan menggunakan aplikasi stok barang?

Keuntungan Pakai Aplikasi Inventory Barang

Aplikasi inventory sangat memudahkan mengurus usaha jauh lebih efektif dan efisien. Apalagi di dalam aplikasi ini, juga banyak fitur yang mendukung dan memudahkan menyetok barang secara otomatis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika gunakan aplikasi inventory barang.

1. Mengendalikan Persediaan Barang

Ketika Anda memiliki usaha online yang menjual berbagai produk, maka sangat penting untuk punya sistem manajemen stok barang yang baik. Salah satunya bisa memanfaatkan aplikasi inventory barang untuk melacak ketersediaan barang yang rendah dan membantu Anda mengatur pemesanan ulang dengan otomatis. 

Jadi persediaan barang Anda tidak akan pernah habis karena sebelum stok habis dan mulai menipis, Anda sudah tahu ketersediaan stok yang ada dan bisa langsung melakukan order kembali ke distributor. Apalagi bagi Anda yang baru mulai membuka usaha online dan melakukan penjualan produk, pasti sangat tidak ingin mengecewakan konsumen jika tiba-tiba persediaan barang ternyata habis. 

Dengan menggunakan aplikasi inventory, sangat memudahkan Anda untuk menentukan jumlah persediaan barang karena aplikasi ini juga membantu analisa pola permintaan pelanggan di pasaran.

2. Melakukan PO Lebih Cepat

Karena Anda sudah bisa melakukan pelacakan stok barang, maka secara otomatis bisa melakukan PO atau purchase order jauh lebih cepat ke distributor ataupun vendor hanya dengan aplikasi stok barang ini. 

Apalagi aplikasi inventory dengan berbagai fitur yang dihadirkan punya kemampuan untuk mencatat stok barang secara otomatis, hingga pembuatan faktur dengan satu aplikasi saja. Jadi melakukan PO tidak hanya cepat tapi juga mudah lewat adanya aplikasi tanpa harus kehabisan stok secara tiba-tiba. 

3. Lebih Hemat Waktu

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa penggunaan aplikasi stok barang jauh lebih efektif dan efisien. Efektif dari segi waktu, karena aplikasi ini punya fitur untuk mengecek dan mencatat secara otomatis produk yang masuk dan juga keluar.

Anda atau karyawan tidak perlu lagi yang namanya mencatat dan menghitung stok barang secara manual, karena tingkat keakuratannya juga terbilang tidak 100%. Human error cukup berpotensi terjadi pada pencatatan secara manual. Hal ini tentu saja lebih hemat waktu dan juga hemat biaya, karena Anda tidak perlu lagi punya karyawan untuk pencatatan stok sebab semuanya sudah dikerjakan oleh aplikasi.

Hal ini juga berpengaruh pada produktivitas bisnis yang semakin meningkat, karena pengurangan karyawan pada bagian penyetokan barang. Karyawan lainnya bisa dialihkan untuk pekerjaan lain, seperti untuk kegiatan promosi dan pemasaran misalnya. 

4. Kurangi Biaya Operasional Usaha

Ketika usaha berkembang dan penjualan produk meningkat, tentu saja perlu yang namanya pengadaan gudang. Menyewa gudang tentu saja tidak murah, biasanya harga sewa dipengaruhi oleh luasnya gudang yang akan dipakai. Namun dengan software inventory barang, Anda bisa mengoptimalkan ukuran gudang sesuai dengan kebutuhan.

Karena aplikasi ini punya kemampuan untuk mengoptimasi setiap operasional bisnis, jadi Anda tidak perlu biaya yang terlalu besar. Pengelolaan stok barang anda bisa dilakukan dengan cepat bahkan update daftar stock di semua saluran penjualan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, saat itu juga. 

5. Sudah Terintegrasi ke Semua Bisnis

Platform penjualan online semakin beragam. Biasanya pemilik usaha online memilih toko di lebih dari satu platform untuk meningkatkan penjualan. Keuntungan memiliki aplikasi inventory barang adalah aplikasi ini sudah terintegrasi ke semua platform bisnis yang ada dan populer  di Indonesia. 

Anda tidak perlu lagi mengurus pengelolaan stok barang dan pesanan di setiap toko, karena sudah ada aplikasi manajemen inventory yang terintegrasi ke semua toko. Karena integrasi yang sangat mudah ini, Anda jadi lebih mudah untuk mengurus persediaan barang dan tidak akan kehabisan stok padahal permintaan sedang tinggi. 

6. Bisa Manfaatkan Semua Fitur yang Ada

Aplikasi inventory barang pastinya punya fitur terbaik untuk memudahkan para Seller. Biasanya fitur-fitur yang dihadirkan mulai dari pengaturan produk dan varian stok barang, movement inventory untuk mengetahui pergerakan riwayat stok barang, pengelolaan stok barang di beberapa gudang hingga stock alert. 

Semua kemudahan dengan fitur ini, bisa Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi inventory barang dari Smartseller. Aplikasi Smartseller  membantu Anda untuk punya sistem inventory barang terbaik yang memang terpusat di semua channel penjualan online. Aplikasi ini membantu mengatur produk dan varian stok produk sangat mudah. 

Itu tadi beberapa keuntungan jika Anda menggunakan aplikasi inventory barang. Salah satu pilihan aplikasi untuk penyetokan barang, Anda bisa mengandalkan Smartseller. Terlebih aplikasi ini menyediakan versi trial selama 7 hari gratis dan untuk biaya berlangganan paket aplikasi juga sangat terjangkau.