Senin, 13 Maret 2023 10:52

Studi Banding PT Semen Tonasa, Perkaya Wawasan dan Ide Baru untuk Program CSR 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: PT Semen Tonasa)
(Foto: PT Semen Tonasa)

Unit Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Semen Tonasa, bersama Forum Desa/Kelurahan Ring-1 dan Local Community Officer (LCO), melakukan studi banding ke Desa Ponggok, Jawa Tengah, guna meningkatkan kualitas program CSR pada 9 - 12 Maret 2023.

RAKYATKU.COM, KLATEN - Unit Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau yang lebih dikenal corporate social responsibility (CSR) PT Semen Tonasa, bersama-sama dengan Forum Desa/Kelurahan Ring-1 PT Semen Tonasa dan Forum Pendamping atau Local Community Officer (LCO), telah melaksanakan studi banding ke Jawa Tengah, 9 hingga 12 Maret 2023.

Kunjungan dirangkaikan penandatanganan pakta integritas tiap Forum Desa/Kelurahan Ring-1 PT Semen Tonasa, disaksikan langsung Direktur Utama PT Semen Tonasa, Mufti Arimurti, beserta jajaran Unit CSR, serta Kepala Desa Ponggok, Junaedhi Mulyono, yang desanya menjadi tujuan studi banding.

Desa Ponggok dipilih sebagai tujuan studi banding karena keberhasilannya dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Baca Juga : PT Semen Tonasa Kembali Berikan Dukungan Pemberdayaan Masyarakat di Pangkep

Melalui kegiatan studi banding ini, Direktur Utama PT Semen Tonasa, Mufti Arimurti, berharap semua peserta, khususnya pengurus Forum Desa/Kelurahan Ring-1 dan Forum Pendamping, dapat menambah wawasan dan ide-ide baru dalam upaya peningkatan kualitas program serta rencana kerja CSR 2023.

"Dari kegiatan studi banding ini, kita berharap para peserta dapat mengadopsi model-model kegiatan pemberdayaan yang sukses di Desa Ponggok, dan mengadaptasinya sesuai dengan potensi desa masing-masing. Dengan cara itu, program CSR dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat desa/kelurahan, BUMDes, dan perusahaan, sejalan dengan kebijakan dan arah program TJSL PT Semen Tonasa saat ini," ujarnya, Senin (13/3/2023).

Ari berharap, program-program yang diusung Forum Desa/Kelurahan tiap tahunnya dapat meningkatkan kualitasnya, terutama dengan fokus pada program-program yang berbasis Created Shared Value (CSV). Dengan begitu, program pemberdayaan yang dicanangkan dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan kinerja perusahaan.

Baca Juga : Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerhati Lingkungan hingga Pelajar Bersihkan Pantai Bersama PT Semen Tonasa

Kepala Desa Ponggok, Junaedhi Mulyono, merasa terhormat dan berterima kasih atas dipilihnya desa yang ia pimpin sebagai tujuan pembelajaran Forum CSR PT Semen Tonasa.

Selain mengunjungi Desa Ponggok, rombongan juga akan mengunjungi Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSIST) di Kaliurang. INSIST adalah lembaga kajian pemikiran dan peradaban kontemporer Islam di Indonesia yang terkenal dengan berbagai penelitiannya yang inovatif.

Penulis : Tajuddin Mustaming
#PT Semen Tonasa