Kamis, 09 Maret 2023 20:51

Hari Ginjal Sedunia Ingatkan Jaga Kesehatan Ginjal

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ilustrasi
ilustrasi

"Melalui peringatan hari ginjal sedunia mari tingkatkan kepedulian terhadap kesehatan ginjal dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi, minum air putih yang cukup dan rajin berolahraga agar ginjal tetap sehat,”

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare turut memperingati Hari ginjal Sedunia Tahun 2023, yang jatuh pada hari Kamis (9/3/2023).

Hari ginjal Sedunia Tahun 2023 kali ini mengusung tema “Kidney Health for All” Preparing for Unexpected, supporting vulnerable, yang mengajak untuk selalu bersiap menghadapi segala bentuk kegawatdaruratan khususnya penyakit ginjal dan membantu mereka yang rentan.

"Melalui peringatan hari ginjal sedunia mari tingkatkan kepedulian terhadap kesehatan ginjal dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi, minum air putih yang cukup dan rajin berolahraga agar ginjal tetap sehat,” jelas Kabid Infokom RSUD Andi Makkasau, Mukarramah.

Baca Juga : Halal Bihalal, Managemen RSUD Andi Makkasau Saling Support Berikan Layanan Berkualitas

Perhatian akan penyakit ginjal telah dimaksimalkan oleh RSUD Andi Makkasau dengan layanan antar jemput pasien cuci darah hemodialisa (Lancar HD)

Pelayanan Lancar HD dihadirkan untuk memudahkan masyarakat Parepare dalam memperoleh pelayanan Hemodealisa. Implementasi Lancar HD yakni pasien penyakit cuci darah diantar jemput sesuai dengan jadwal penanganan.

“Namun yang terpenting adalah bagaimana kami dapat mengurangi beban ekonomi pasien dalam hal mobilisasi dari rumah pasien ke rumah sakit, begitu pun sebaliknya. Kita punya armada khusus untuk antar jemput pasien. Kita maksimalkan,” jelas Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari.

Baca Juga : Pemkot Parepare Dukung Percepatan Pemberian Jamsostek bagi Pekerja Rentan dan Miskin

Seperti yang diketahui, Rumah Sakit Andi Makkasau kini memiliki 28 alat cuci darah atau hemodialisa. Fasilitas canggih ini diadakan Pemerintah Kota Parepare agar RS Andi Makkasau Parepare menjadi pusat pemeriksaan kesehatan khususnya penyakit cuci darah.

Hari Ginjal Sedunia adalah kampanye global. yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan ginjal.

Dengan adanya kampanye itu diharapkan masyarakat akan sadar tentang faktor risiko, cara hidup dengan penyakit ginjal, dan mengurangi dampak penyakit ginjal serta masalah kesehatan terkaitnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akan Boyong Kadis dan Pengusaha Tinjau IKN

Sebab, Ginjal merupakan bagian tubuh yang memainkan peranan penting. Organ tersebut berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Sisa metabolisme itu kemudian dikeluarkan melalui urine. Selain itu, ginjal juga berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh. Karena itu, penting untuk memiliki ginjal yang sehat agar tubuh dapat bekerja dengan baik.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #taufan pawe