Rabu, 08 Maret 2023 23:34

Kunjungi Social Creative Coffee Expo di TSM, Puluhan Peramu Kopi se-Sulsel Akan Bersaing di Ajang Barista Team Challenge, Catat Tanggalnya

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunjungi Social Creative Coffee Expo di TSM, Puluhan Peramu Kopi se-Sulsel Akan Bersaing di Ajang Barista Team Challenge, Catat Tanggalnya

Kegiatan Social Creative Coffee Expo ini akan melibatkan kolaborasi antara petani kopi dan barista dalam mengolah dan memasarkan kopi hasil produksi dari UKM kopi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR- PT Mayumi Cofreative Indonesia bakal menggelar Creative Coffee Expo di Trans Studio Mal (TSM) Makassar pada 10-12 Maret 2023 mendatang.

Event ini diikuti oleh 30 booth yang berasal dari praktisi kopi, seperti petani kopi, pengelola, pengusaha, barista, dan UMKM kopi, selain itu 16 tim yang akan mengikuti Barista Team Challenge. dihadiri Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.

" Kegiatan Social Creative Coffee Expo ini akan melibatkan kolaborasi antara petani kopi dan barista dalam mengolah dan memasarkan kopi hasil produksi dari UKM kopi, menariknya Menteri Pertanian RI, Bapak Syahrul Yasil Limpo bakal hadir dan membuka kegiatan yang digelar selama tiga hari,"ujar Event director PT. Mayumi Cofreative Indonesia, Irsan saat mengadakan Konferensi Pers di Ctrl+Cafe Coffee Jalan Andi Tonro, Rabu 8 Maret 2023.

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

Bukan hanya pameran kopi dari petani, Social Creative Coffee Expo juga akan menghadirkan bincang kopi dengan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, kompetisi Makassar Barista Team Challenge (MBTC) berhadiah total Rp15 juta, MOU dengan Accor Group & Kalla Flgroup Coffee, Photo Gallery Coffee, Talkshow Deklarasi Asosiasi Kopi Asli, entertainment hingga peluncuran brand Coffee Komandan.

Selain itu kata Irsan, 11 petani kopi terbaik dari berbagai daerah di Sulawesi juga turut berpartisipasi seperti petani kopi dari Kabupaten Gowa Kampong Kopi Bawakaraeng, Kabupaten Sinjai Paniki, Kabupaten Soppeng Kopi Mattabulo, Kabupaten Pinrang Forest Kopi dan Suppirang Kopi, Kabupaten Maros Mallawa, Kabupaten Enrekang Garis Tengah Rosteri dan Petani Kopi, Toduri Coklat, Rapimbang Kopi, Kabupaten Toraja Arabika Toraja Kopi, serta dari Kabupaten Banteng Garumbang dan Kopi Labor.

Para peserta akan membawa bibit kopi, biji kopi yang masih hijau, dan kopi yang sudah di sangrai dalam bentuk produk. Peserta juga akan membawa alat seduh manual untuk meracik kopi di tempat kegiatan berlangsung.

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

"Bantuan KUR untuk bantuan kelompok tani yaitu ada dua dari Pinrang dan Enrekang, karena Pinrang penghasil kopi robusta pertama dan Enrekang sebagai penghasil Kopi Arabika terbesar," paparnya.

Sementara untuk Barista Team Challenge ini akan diadakan selama tiga hari, dimulai dari Jumat 10 Maret 2023 hingga 12 Maret.

Hingga saat ini, kuota pendaftaran sudah penuh dengan 16 tim yang akan mengikuti challange tersebut. Setiap tim terdiri dari 3 orang, sehingga total peserta mencapai 48 orang.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Dukung Sulsel Menuju Swasembada Pangan 2024. Mentan: Manfaatkan Lahan Rawa

Barista ini akan berlomba dalam menyajikan pesanan secara berkelompok, menilai komunikasi dan kecepatan.

“Kompetisi barista tim to tim ini adalah yang pertama di Indonesia. Bahkan di Indonesia Timur. Pemenangnya akan mendapatkan sertifikat fasilitas untuk sertifikasi secara gratis. Dan, sertifikatnya berlaku pada 10 negara ASEAN,” jelas Irsan.

Koordinator MBTC Yudhistira Negara menjelaskan, antusiasnya peserta sangat besar. Hingga saat ini pendaftarnya sudah 35 tim namun yang diterima hanya 16 tim. Mereka akan ditantang menyiapkan menu pesanan, yang dinilai adalah kecepatan dan kekompakan,” ujar Yudhistira.

#Social creative coffee #Ctrl+ #kementan #Syahrul Yasin Limpo