Selasa, 07 Maret 2023 19:00

ABCDE: Kunci untuk Mencegah Stunting pada Anak di Luwu Utara

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ABCDE: Kunci untuk Mencegah Stunting pada Anak di Luwu Utara

Apa sih ABCDE itu? Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Luwu Utara, Suaib Mansur, menyebutkan, ABCDE adalah kunci untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

RAKYATKU.COM - Rupanya untuk mencegah stunting agar tidak mengalami peningkatan kasus, ada kunci tersendiri yang mesti diketahui masyarakat, yaitu ABCDE.

Apa sih ABCDE itu? Ketua Tim Percepatan Penurunan stunting (TPPS) Luwu Utara, Suaib Mansur, menyebutkan, ABCDE adalah kunci untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

“Untuk mencegah stunting, kata kuncinya adalah ABCDE yang harus kita sosialisasikan agar masyarakat paham bagaimana mencegah stunting," jelas Suaib saat membuka Gerakan Cegah Stunting melalui Pesan Kunci ABCDE, Selasa (7/3/2023), di Kantor Camat Baebunta.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Wakil Bupati Kabupaten Luwu Utara ini menjelaskan bahwa pesan kunci ABCDE ini mesti dipahami oleh masyarakat agar pesannya dapat tersosialisasikan dengan baik.

“A itu aktif minum tablet penambah darah; B, bumil harus teratur memeriksakan kegamilannya; C, cukup mengonsumsi protein hewani untuk bayi; dan D, datang ke posyandu setiap bulan; serta E adalah eksklusif ASI enam bulan,” papar Suaib.

Suaib berharap, kata kunci cegah stunting ini dapat dipahami masyarakat untuk menciptakan generasi yang sehat bebas dari stunting. “Semoga kita semua paham bahwa untuk mencegah stunting hanya dengan kata kunci, ABCDE,” terangnya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Dikatakan Suaib, Gerakan Cegah stunting melalui pesan kunci ABCDE adalah wujud komitmen semua pihak untuk mengakselerasi penurunan stunting di Kabupaten Luwu Utara.

"Kegiatan ini adalah wujud komitmen kita bersama untuk menurunkan stunting di wilayah kita masing-masing, dan saya berharap gerakan ini dapat juga dilakukan di tempat lain,” ucapnya.

“Saya berharap kepada kita semua untuk dapat mengetahui dan memahami apa itu sunting, bagaimana cara mencegahnya dan seperti apa intervensinya,” pungkasnya.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

Diketahui, kegiatan ini juga dihadiri TP-PKK se-Kecamatan Baebunta serta BKMT Se-Kecamatan Baebunta, serta entitas terkait lainnya. Hal ini sekaligus bentuk kolaborasi pentahelix.

#pemkab luwu utara #stunting