Senin, 06 Maret 2023 13:03

Pengendalian Inflasi Sulsel Dapat Apresiasi dari BI dan DPR RI

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023 di Balai Prajurit Jenderal M. Yusuf, Kota Makassar, Ahad (5/3/2023).
Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023 di Balai Prajurit Jenderal M. Yusuf, Kota Makassar, Ahad (5/3/2023).

Pengendalian inflasi di Sulsel mendapat apresiasi dari BI dan DPR RI, dengan inflasi tahunan pada Februari 2023 tercatat sebesar 5,65 persen secara year on year yang menurun dari bulan sebelumnya sebesar 5,83 persen.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pengendalian inflasi di Sulawesi Selatan mendapat apresiasi dari Bank Indonesia (BI) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi tahunan Sulsel pada Februari 2023 tercatat sebesar 5,65 persen secara year on year (yoy). Angka ini menurun dari bulan sebelumnya sebesar 5,83 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, saat memberikan sambutan pada acara Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023 di Balai Prajurit Jenderal M. Yusuf, Kota Makassar, Ahad (5/3/2023), menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, atas pengendalian inflasi di Sulsel.

“Selamat kepada Pak Gubernur dan rekan-rekan mitra strategis dari Sulsel. Sulsel ini termasuk yang terbaik dalam pengendalian inflasi, pertumbuhannya juga tinggi, dibandingkan September 2022. Inflasi itu menurun,” kata Perry.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

Ia memuji kekompakan seluruh stakeholder di Sulsel, terutama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), yang sukses mengawal pertumbuhan ekonomi daerah dengan menekan laju inflasi di angka yang aman.

“Itu betul-betul bersama menyejahterakan rakyat, luar biasa kerukunannya,” lanjutnya.

Perry menekankan penguatan sinergi TPIP/TPID dan GNPIP 2023 yang telah berhasil mengendalikan tekanan inflasi pangan pada 2022, diharapkan menjadi akselerator langkah konkret bersama untuk mengendalikan tekanan inflasi pangan, mendorong produksi, serta mendukung ketahanan pangan nasional yang akan mendorong terjaganya daya beli serta pemulihan ekonomi nasional berkelanjutan.

Baca Juga : Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal VI Makassar Dihadiri Penjabat Gubernur Sulsel

Tak hanya Gubernur BI, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara, juga memberikan pujiannya kepada Andi Sudirman dalam upayanya melakukan pengendalian inflasi di Sulsel yang sangat baik.

Amir Uskara pun mengajak seluruh komponen TPID untuk bekerja sama mendorong implementasi GNPIP melalui tujuh program unggulan.

"Gubernur Sulsel mampu melakukan pengendalian inflasi dengan berfokus pada transformasi,” ucap Amir Uskara.

Baca Juga : Penjabat Gubernur dan Kapolda Ziarah ke Makam Raja-Raja di Jera Lompoe Soppeng

Dengan peran strategis Sulsel sebagai salah satu lumbung padi nasional yang berkontribusi 25 persen dari pasokan nasional, kata dia, tentunya harus memotivasi daerah lainnya untuk memperkuat ketahanan pangan strategis daerah masing-masing.

Menurutnya, ke depan daerah-daerah sentra produksi perlu bersinergi dan memperluas kerja sama antardaerah agar berkontribusi dalam penciptaan stabilitas harga secara regional maupun nasional.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman, mengatakan salah satu program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, yakni Mandiri Benih dengan memberikan benih gratis untuk 100 ribu hektare lahan sawah. Benih padinya yang ditangkar sendiri sehingga lebih tahan lama dan berkualitas.

Baca Juga : Meriahkan HUT Soppeng, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pelaksanaan Pameran Pembangunan

Menurutnya, benih merupakan hal paling mendasar bagi petani. Jika benih yang diberikan itu berkualitas, maka hasilnya juga tentu akan bagus dan tahan lama.

Sementara itu, program unggulan GNPIP yang diimplementasikan di Sulsel di antaranya berupa perluasan kerja sama antardaerah, kerja sama antara platform digital farming dengan gapoktan, optimalisasi jalur distribusi “Sipeppa" yang diperluas melalui kerja sama antara Bulog dengan toko ritel modern nasional, serta dukungan pembiayaan KUR Saprotan dan bantuan pemberian 100.000 bibit cabai Katokkon.

Dalam kesempatan itu, Andi Sudirman menyerahkan bantuan bibit, sarana produksi dan pascapanen untuk Kelompok Tani Lempolapeco dari Kabupaten Wajo dan Kelompok Budi Daya Perikanan Minasa Upa dari Kabupaten Pangkep.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Soppeng, Tebar 160 Ribu Benih Ikan di Salomate

Bantuan itu untuk mendukung akselerasi produktivitas hasil pertanian dan budi daya perikanan, baik dalam bentuk pembinaan dan pendampingan maupun program dedikasi untuk negeri.

Kick Off GNPIP 2023 turut dihadiri Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Iman Santoso, dan jajaran Forkopimda Sulsel lainnya serta diikuti secara daring Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto.

#Pemprov Sulsel #inflasi Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #bank Indonesia #dpr ri #Perry Warjiyo #amir uskara