Jumat, 03 Maret 2023 18:14

China Akan Menyerang Wilayah AS Jika Ketegangan Memanas Kata Sekretaris Angkatan Darat

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ilustraasi. Militer China/Foto: Xinhua
ilustraasi. Militer China/Foto: Xinhua

"cara terbaik untuk menghindari pertempuran [perang dengan China] adalah menunjukkan bahwa kami dapat memenangkan perang itu,"

RAKYATKU.COM - Wilayah AS bisa berisiko mendapat serangan dari Beijing jika ketegangan antara kedua negara memuncak, menurut Sekretaris Angkatan Darat Christine Wormuth.

Berbicara di sebuah panel di American Enterprise Institute pada hari Senin, Wormuth mengatakan bahwa jika AS memasuki "perang besar" dengan China, "tanah air Amerika Serikat juga akan berisiko, dengan serangan kinetik dan serangan non-kinetik—apakah itu adalah serangan dunia maya di jaringan listrik atau saluran pipa."

Di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan Taiwan, pejabat tinggi Angkatan Darat membahas strategi AS untuk mencegah Beijing menyerang pulau yang diperintah sendiri itu, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri.

Baca Juga : Gandeng 14 Kampus Terbaik Taiwan, Kini Unismuh Miliki Kerja Sama Internasional dengan 14 Negara

Meskipun AS telah berjanji untuk membela Taiwan jika China menyerang dan terus menjadi penyedia utama peralatan militer ke Taipei, AS tidak mendukung kemerdekaan Taiwan sebagai bagian dari kebijakan Chinanya.

"Tujuan kami adalah untuk menghindari perang darat di Asia, ini semua tentang pencegahan... cara terbaik untuk menghindari pertempuran [perang dengan China] adalah menunjukkan bahwa kami dapat memenangkan perang itu," kata Wormuth.

Timothy Heath, seorang peneliti pertahanan internasional senior di RAND Corporation, mengatakan kepada Newsweek bahwa adalah "harapan yang masuk akal" untuk percaya bahwa perang antara China dan Taiwan dapat meluas ke tanah air AS mengingat kemampuan Beijing untuk menyerang.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

"Sangat mungkin perang antara AS dan China dapat meningkat di luar wilayah dekat Taiwan saja," kata Heath.

Ketegangan antara AS dan China berada pada level tertinggi dalam beberapa tahun di atas Taiwan. Dalam beberapa bulan terakhir, kunjungan pejabat tinggi pemerintah AS ke pulau itu, seperti mantan Ketua DPR Nancy Pelosi , dan munculnya balon mata-mata China di atas daratan AS telah menambah bahan bakar ke dalam api.

Beberapa pejabat, seperti Jenderal Angkatan Udara bintang empat Mike Minihan, telah meramalkan bahwa AS dapat berperang dengan China pada tahun 2025—garis waktu yang ditolak oleh Departemen Pertahanan.

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

Minggu ini, Wormouth mengatakan bahwa meskipun dia tidak percaya akan ada ancaman yang akan segera terjadi bahwa China akan melancarkan "invasi amfibi ke Taiwan", AS "jelas harus bersiap, bersiap untuk berperang dan memenangkan perang itu."

Dia mengatakan bahwa jika konflik pecah, China pasti akan "mengikuti keinginan publik Amerika Serikat."

"Mereka akan mencoba mengikis dukungan untuk konflik," tambah sekretaris Angkatan Darat itu.

Baca Juga : AS Kirim VAMPIRE ke Ukraina 

Meskipun AS secara strategis bekerja untuk mencegah serangan ke Taiwan dari Tentara Pembebasan Rakyat, langkah baru-baru ini dari Beijing menunjukkan bahwa negara tersebut sedang mempersiapkan konflik militer di luar perbatasannya, menurut Komandan Angkatan Darat AS di Pasifik Jenderal Charles Flynn.

"Mereka berlatih, mereka berlatih, mereka bereksperimen, dan mereka mempersiapkan kekuatan itu untuk sesuatu," kata Flynn dalam panel hari Senin. "Tapi Anda tidak membangun persenjataan semacam itu hanya untuk bertahan dan melindungi. Anda mungkin membangun untuk tujuan lain."

Dia menekankan bahwa tahun ini adalah waktu yang penting bagi AS untuk "mendapatkan posisi" dan menciptakan keunggulan atas Beijing sehingga pasukan dapat merespons "hari ini" jika perlu.

Baca Juga : Penembakan Massal Terjadi di Berbagai Kota AS, Lebih dari 12 Orang Tewas

Sumber: Newsweek

#China #Amerika Serikat #Taiwan