Kamis, 02 Maret 2023 16:08

Barru Ikut Pamerkan Kerajinan Khas Daerah di Pameran Internasional INACRAFT

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Barru Ikut Pamerkan Kerajinan Khas Daerah di Pameran Internasional INACRAFT

"Oleh karena itu kita lakukan gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan garap semua potensi lapangan usaha (gaspol) untuk memulihkan perekenomian di Indonesia dan Kabupaten Barru secara khusus,"

RAKYATKU.COM, BARRU - Pameran kerajinan tangan terbesar di Asia Tenggara INACRAFT ke-23 kembali diselenggarakan di Jakarta.

Kabupaten Barru sebagai bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan ikut berpartisipasi dalam event bertaraf internasional ini.

Untuk tahun ini, INACRAFT mengusung tema Sulawesi Selatan sebagai ikon besar dengan tema The Authentic South Sulawesi.

Baca Juga : Bupati Barru Hadiri Halalbihalal KKAR, Tekankan Pentingnya Tradisi Silaturahmi

Ada lebih dari 500 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), baik yang tergabung dalam ASEPHI maupun yang berada dalam naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan.

Kabupaten Barru memamerkan produk kerajinan unggulan Kabupaten Barru berupa anyaman bambu hasil sentra IKM Cenrapole.

Bupati Barru, Suardi Saleh berujar bahwa semangat Bangga Buatan Indonesia harus menggema.

Baca Juga : Gerakan Pangan Murah Pemkab Barru Diharap Ringankan Beban Masyarakat

"Oleh karena itu kita lakukan gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan garap semua potensi lapangan usaha (gaspol) untuk memulihkan perekenomian di Indonesia dan Kabupaten Barru secara khusus," katanya.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaeman menyampaikan bangga karena Sulawesi Selatan bisa menjadi ikon INACRAFT 2023.

"Tahun lalu sebenarnya kami sudah bergabung dengan INACRAFT dan menjadi ajang pemanasan, di mana booth kami menjadi yang terbaik di INACRAFT 2022," katanya.

Baca Juga : Bupati Barru Penuhi Undangan Buka Puasa Warganya

Tahun ini, lanjut Gubernur Sulsel, pihaknya membawa 24 kabupaten/kota untuk ikut ambil bagian di even terbesar se-Asia Tenggara ini.

Menurut Andi Sudirman, ada sejumlah poin besar yang ingin disampaikan Pemprov Sulawesi Selatan dalam event bertaraf internasional ini.

"Pertama, mencoba mengembalikan kejayaan Sulawesi Selatan lewat kerajinan sutera. Kemudian, budidaya Murbei dan menunjukkan bahwa di Sulawesi Selatan sudah melakukan upgrading UMKM, dan ini ditunjukkan dengan sudah canggihnya mesin-mesin yang dipakai, yang salah satunya terkait dengan packaging atau kemasan 3 dimensi," paparnya.

Baca Juga : Operasi Bahan Pokok Murah Pemkab Barru Diserbu Ibu-ibu

Sekedar diketahui bahwa pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 dilaksanakan di Assembly Hall Jakarta Convention Center, mulai Selasa (28/2/2023) lalu. Dibuka langsung oleh Menparekraf, Sandiaga Uno.

Penulis : Achmad Afandy
#bupati barrru #suardi saleh #Andi Sudirman Sulaiman #gubernur sulsel