Rabu, 01 Maret 2023 15:03

Akun PeduliLindungi Tidak Bisa Diakses? Ini Penjelasan Kemenkes

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Banyak pengguna mengeluhkan kesulitan dalam membuka atau mengaksesnya karena adanya kendala registrasi dan akses ke Satu Sehat. Ini disebabkan banyaknya pengguna mengakses aplikasi dalam waktu bersamaan.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Aplikasi PeduliLindungi resmi berganti menjadi Satu Sehat sejak Selasa (28/2/2023) malam. Akan tetapi, sejak Rabu (1/3/2023 pagi, banyak pengguna mengeluhkan tak bisa membuka atau mengaksesnya.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Setiaji, mengungkapkan akun PeduliLindungi tidak bisa login dikarenakan kendala registrasi dan akses ke Satu Sehat.

Hal ini, kata dia, disebabkan banyaknya pengguna yang mengakses aplikasi tersebut dalam waktu bersamaan. Pihaknya masih melakukan perbaikan dengan tim teknis untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga : Dalam Rangka Penguatan Industri Asuransi Kesehatan di Indonesia, OJK Siap Bersinergi dengan Kementerian Kesehatan

"Lebih ke peningkatan traffic sehingga banyak masyarakat tidak bisa log-in. Bukan semuanya tidak bisa log-in, karena telat mendapatkan kode OTP untuk log-in," kata Setiaji.

Kepala Biro Komunikasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan tingginya antusiasme masyarakat yang mengunduh Satu Sehat mengakibatkan munculnya berbagai kendala yang dirasakan sebagian pengguna, baik saat proses log-in maupun tampilan tiket dan sertifikat vaksin.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk sementara waktu dapat menggunakan tiket maupun sertifikat vaksin yang telah dimiliki secara fisik maupun tersimpan secara digital untuk kepentingan

Baca Juga : Digitalisasi Informasi Sebagai Senjata Utama Untuk Program Prioritas Kementerian Kesehatan RI

"Mohon maaf dan terima kasih atas pengertiannya," ucapnya.

Jika masih mengalami kendala, pengguna Satu Sehat bisa menyampaikan keluhan langsung di akun media sosial resmi Twitter @PeduliLindungi.id atau atau email helpdesk@kemkes.go.id atau Whatsapp di nomor 0811 1050 0567.

Sumber: Detik.com

#Kementerian Kesehatan #PeduliLindungi #Satu Sehat