Rabu, 01 Maret 2023 10:21

Ziarah ke Makam Datuk Pattimang, Ini Pesan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, A.G.H Nasaruddin Umar, bersama rombongan ziarah di makam Datuk Pattimang di Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, baru-baru ini.
Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, A.G.H Nasaruddin Umar, bersama rombongan ziarah di makam Datuk Pattimang di Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, baru-baru ini.

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, A.G.H Nasaruddin Umar, berkunjung ke makam Datuk Pattimang di Malangke, Sulawesi Selatan. Ia memimpin doa di makam tersebut dan menekankan pentingnya merawat dan mengunjungi makam.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, A.G.H Nasaruddin Umar, berkesempatan menziarahi makam Datuk Pattimang di Kecamatan Malangke dalam kunjungannya ke Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, baru-baru ini.

Nasaruddin berziarah ke makam Datuk Patimang sebelum menghadiri peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad saw. di Pondok Pesantren (Ponpes) As’adiyah Belawa Baru, Malangke. Pada kesempatan itu, Rais Syuriyah PB NU Pusat ini memimpin doa di makam Datuk Pattimang.

"Kita dianjurkan menziarahi makamnya orang-orang yang dicintai Allah Swt. Jadi, dia tahu siapa yang menziarahi makamnya,” kata Nasaruddin Umar usai memanjatkan doa di makam Datuk Pattimang yang bernama asli Datuk Sulaiman tersebut.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

“Mereka sebetulnya berpindah tempat dari alam fana ke alam barza. Tadi kita membaca ayat, rohnya juga pasti ikut membaca ayat. Tadi kita ikut berdoa, rohnya juga ikut mengaminkan. Cuma rohnya, bukan fisiknya. Kita lahir batinnya, dia batinnya," ujarnya menambahkan.

Pada kesempatan itu, Nasaruddin berpesan agar makam Datuk Pattimang dan makam lainnya yang ada di kompleks pemakaman senantiasa dijaga, dirawat, dan selalu dikunjungi.

"Rawatlah makam ini, sering-sering dikunjungi, sebab di kamus Allah Swt., tidak ada orang yang mati, semuanya hidup, rohnya masih aktif,” pesan Nasaruddin.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Makam ini berkah untuk warga sekitar. Allah Swt. memberkahi orang-orang di sekitarnya. Jadi, kita doakan semoga orang yang berada di kawasan ini, insyaallah akan mendapatkan reski yang halalan thayyiban, bahagia dunia akhirat," tambahnya.

Sekadar diketahui, Wakil Menteri Agama 2011 – 2014 ini juga berkesempatan mengunjungi dan menziarahi makam Raja XV Luwu, Andi Pattiware, yang berada satu kompleks pemakaman dengan makam Datuk Pattimang.

#Nasaruddin Umar #Datuk Pattimang #pemkab luwu utara