Sabtu, 25 Februari 2023 13:49

Pemkab Enrekang Dapat Bantuan Keuangan Rp12 Miliar dari Pemprov Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, bersama jajaran pejabat Pemkab Enrekang dan masyarakat saat Jalan Santai Anti Mager rangkaian HUT ke-63 Kabupaten Enrekang, Sabtu (25/2/2023).
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, bersama jajaran pejabat Pemkab Enrekang dan masyarakat saat Jalan Santai Anti Mager rangkaian HUT ke-63 Kabupaten Enrekang, Sabtu (25/2/2023).

Pemkab Enrekang mendapatkan bantuan keuangan Rp12 miliar dari Pemprov Sulsel. Selain itu, pada peringatan HUT ke-63 Kabupaten Enrekang, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman, menandatangani prasasti destinasi wisata baru Emas Andalan 360.

 

RAKYATKUCOM, ENREKANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang kembali mendapatkan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel). Jumlahnya Rp12 miliar lebih.

Bantuan ini diserahkan langsung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-63 Kabupaten Enrekang di Lapangan Abu Bakar Lambogo Batili, Sabtu (25/2/2023).

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

Bupati Enrekang, Muslimin Bando, bersama Wakil Bupati, Asman; Ketua DPRD, Muh. Idris Sadik; dan Sekretaris Daerah, Baba; menerima secara simbolis bantuan itu.

"Ini bertambah dari tahun lalu yang hanya Rp8 miliar. Sebenarnya tahun ini kita rencana berikan Rp10 miliar. Tapi, kita tambah lagi menjadi Rp12 miliar karena melihat beberapa hal prioritas," kata Andi Sudirman.

Jumlah ini masih bisa bertambah. Andi Sudirman meminta dinas terkait membuat proposal biaya operasional cool storage. Cool storage ini berkapasitas 20 ton. Bermanfaat agar hasil panen petani bisa bertahan lebih lama. Nantinya, biaya operasional cool storage akan disubsidi lewat anggaran bantuan Pemprov Sulsel.

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

Selain bantuan untuk Pemkab, Andi Sudirman juga menyerahkan bantuan pembangunan masjid serta penghargaan bagi guru berprestasi.

Pada momen sama, Andi Sudirman juga menandatangani prasasti destinasi wisata baru yang ia beri nama Emas Andalan 360. Merujuk pada 360 derajat karena ke mana pun arah memandang akan disuguhi pemandangan indah.

Dari menara pandang Emas Andalan 360, bisa menikmati gugusan Gunung Nona maupun Gunung Bambapuang, yang kadang diselimuti awan dan kabut dan di antarai aliran sungai serta hamparan hutan alami.

Baca Juga : Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

Andi Sudirman berharap destinasi wisata ini akan jadi pusat oleh-oleh maupun pusat penjualan sayur-mayur dan buah-buahan premium. Ia ingin Enrekang dikenal sebagai penghasil sayuran terbaik di Indonesia.

Bupati Enrekang, Muslimin Bando, mengapresiasi bantuan ini. Ia mengatakan, di bawah kepemimpinan Andi Sudirman, kabupaten/kota mendapatkan perhatian khusus.

"Satu hal lagi yang kita harapkan, pengembangan kawasan Emas Andalan, vilanya dari 2 unit masih potensial ditambah menjadi 10 unit," papar Muslimin.

Baca Juga : Sinergi Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana Semakin Kuat

Muslimin juga menyampaikan permohonan maaf sebab upacara HUT terhambat hujan. Namun, hal itu tidak mengurangi khidmatnya acara yang dihadiri ribuan peserta ini.

Acara ini juga dirangkai peringatan Isra Mikraj, nobar video pembangunan Sulsel, penandatanganan nota kesepahaman dengan UNM dan STIA LAN, penandatanganan kesepakatan batas wilayah dengan daerah tetangga, serta peluncuran branding pariwisata Enrekang Endless Journey.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #muslimin bando #HUT Ke-63 Kabupaten Enrekang