Selasa, 21 Februari 2023 19:52

Erna Rasyid Taufan Ingatkan Pentingnya Revitalisasi Bahasa Daerah

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Erna Rasyid Taufan Ingatkan Pentingnya Revitalisasi Bahasa Daerah

“Bahasa daerah adalah identitas kita yang harus dijaga oleh generasi kita. Semoga anak-anak yang hadir dalam pagelaran ini dapat memanfaatkan panggung ini dalam menyalurkan bakat dan minatnya dalam bahasa daerah,”

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Daerah SMP/MTs Kota Parepare berkolaborasi Pemerintah Kota dan Tim Penggerak PKK Kota Parepare merayakan peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional (International Mother Language Day) yang ditetapkan oleh UNESCO setiap 21 Februari. Pada peringatan itu sejumlah Pagelaran Bahasa Daerah bertajuk SIOBBI’ (Siesso Mabbicara Ugi’) digelar di gedung Barugae, Komplek Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Selasa, (21/2/2023).

Perayaan dengan cara kolaborasi itu dilakukan sebagai upaya dalam revitalisasi bahasa daerah melalui pagelaran sejumlah kreativitas murid-murid dalam berbahasa daerah, seperti mendongeng (mappunene), stand up comedy (makkastone), pidato (mappidato), membaca puisi (massanja’), pameran kaligrafi Lontara’ hasil karya murid-murid SMP di Parepare, dan penampilan tari kreasi dan tradisional Bugis.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj. Erna Rasyid Taufan memberikan apresiasi pada kegiatan yang menjadi ajang pelestarian bahasa daerah itu. “Saya mengapresiasi pelaksanaan pagelaran Bahasa Daerah yang mengusung nama SIOBBI’. Dalam bahasa Bugis artinya saling memanggil. Dan benar bahwa kegiatan ini saling memanggil dalam kebaikan, kebaikan menggunakan bahasa daerah sebagai PR kita bersama untuk merevitalisasi dan melestarikannya.

Baca Juga : Depan Airlangga, Taufan Pawe Tegaskan Golkar Sulsel All Out Menangkan Prabowo-Gibran

SIOBBI’ juga merupakan akronim dari Siesso mabbicara Ugi’ atau sehari berbicara dalam bahasa daerah Bugis,” detail Erna, sapaan karib istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare yang diketahui turut berperan dalam mengantarkan Wali Kota Parepare meraih penghargaan pelestarian bahasa daerah oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini.

Ketua DPD II Golkar Parepare ini berharap, di hari bahasa ibu internasional 2023 ini dapat menjadi momentum dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan bahasa daerah.

“Bukan hanya sehari, tetapi sehari ini menjadi pendorong bagi kita untuk membiasakan diri menggunakan bahasa daerah, terlebih di lingkungan keluarga. Nah, sebagai Ketua Tim Penggerak PKK, tentu kami juga punya peran penting dalam menumbuhkan kesadaran pentingnya penggunaan bahasa daerah di lingkungan keluarga," katanya.

Baca Juga : Sepak Terjang Advokat Taufan Pawe yang Kini Masuk Tim Hukum Prabowo-Gibran

"Oleh karena itu, pada tahun 2022 lalu kami sudah menyelenggarakan Lomba Penyuluhan Ketahanan Lansia Berbahasa Ibu. Kami juga mengimbau seluruh ibu-ibu dan kader PKK untuk menggunakan bahasa daerah Bugis di grup WhatsApp di setiap malam minggu,” papar Erna yang juga Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Sulsel ini.

Pengembangan dan pelestarian bahasa daerah lanjut dia, bukan hanya menjadi tugas para pendidik saja di sekolah, tetapi menjadi tugas bersama. Pemerintah punya peran dalam membuat payung hukum agar bahasa daerah terlindungi pelestariannya.

Di lingkungan keluarga, orangtua menunjukkan keteladanan kepada anak-anaknya dengan membiasakan berbahasa daerah. Begitu juga masyarakat punya peran dalam mendorong dan memotivasi para generasi muda untuk mencintai bahasa daerah, misalnya berinteraksi di lingkungan masyarakat menggunakan bahasa daerah.

Baca Juga : Berprestasi dan Bersih, DPP Golkar Tunjuk Taufan Pawe sebagai Bacalon Gubernur Sulsel

“Tidak apa-apa menguasai bahasa asing, tapi jangan lupa bahasa Ibu kita. Jangan sampai kita tersisihkan di negeri sendiri karena lupa identitas kita. Kita tidak dapat memungkiri banyak anak-anak kita saat ini malu dan gengsi berbahasa daerah, masiri’-siri’ni mabbicara ogi’, nasengngi de’na gaul narekko mabbicara ogi’’ padahal justru anak itu akan keren ketika ia mampu menyandingkan bahasa ibu dengan bahasa nasional ditunjang penguasaan bahasa asing. Ingat trigatra bangun bahasa; Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing. Itu baru anak keren, menuju Indonesia emas,” ajak ERAT, akronim dia usai mengikuti serangkaian kegiatan, baik seleksi tilawatil quran di Auditorium BJ Habibie, lalu lanjut menghadiri pengukuhan guru besar di IAIN Parepare ini.

“Semoga dengan SIOBBI’ ini dapat memupuk dan mendorong kecintaan anak-anak kita, apalagi saya melihat ada siswa yang dihadirkan dalam kegiatan ini sehingga dapat menginspirasi mereka untuk membiasakan diri menggunakan bahasa daerah,” harapnya.

“Selamat Hari Bahasa Ibu Internasional untuk para guru-guru bahasa daerah hebat di Indonesia pada umumnya, di Sulawesi Selatan dan Kota Parepare pada khususnya. Dan juga untuk anak-anakku, siswa-siswa hebat penerus tongkat estafet bangsa,” ucap Erna.

Baca Juga : Taufan Pawe: Stadion GBH Parepare Akan Direnovasi, Ini Prestasi Bersama Suporter PSM

Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris. Ia berharap, kegiatan itu dapat memupuk kesadaran untuk selalu menggunakan bahasa daerah.

“Bahasa daerah adalah identitas kita yang harus dijaga oleh generasi kita. Semoga anak-anak yang hadir dalam pagelaran ini dapat memanfaatkan panggung ini dalam menyalurkan bakat dan minatnya dalam bahasa daerah,” papar dia.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Bidang Kebudayaan, Niniek, Kepala Bidang Peningkatan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan, Ketua MGMP, IGBD, dan PPBDI, serta Dompet Dhuafa Parepare, guru-guru bahasa daerah, serta mahasiswa IAIN dan UMPAR sebagai bagian dari kerja kolaborasi dalam pemertahanan bahasa daerah.

Baca Juga : Suporter PSM Kenang Perjuangan Taufan Pawe, GBH Akan Berstandar Internasional

Uniknya, dalam pagelaran itu, para pengunjung yang hadir diwajibkan menggunakan bahasa daerah. Hal itu mampu menumbuhkan kebersamaan dan membiasakan menggunakan bahasa daerah.

Penulis : Hasrul Nawir
#Wali Kota Parepare #taufan pawe