Minggu, 12 Februari 2023 19:02

Danny Pomanto Lantik Pengurus IKA Unhas Pangkep, Ajak Peduli Alumni, Almamater, dan Masyarakat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelantikan Universitas Hasanuddin (Unhas) Pengurus Daerah Kabupaten Pangkep periode 2022-2026 di Lapangan Citramas, Pangkep, Sabtu, (11/2/2023).
Pelantikan Universitas Hasanuddin (Unhas) Pengurus Daerah Kabupaten Pangkep periode 2022-2026 di Lapangan Citramas, Pangkep, Sabtu, (11/2/2023).

"Kenapa beralumni? Ya, karena peduli. Kita berkumpul bukan sekedar arisan, tetapi membantu alumni yang belum mendapatkan pekerjaan, butuh pekerjaan maka dibantu dalam persaudaraan beralumni. Di sinilah tempatnya," kata Danny Pomanto.

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel), Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), menghadiri sekaligus melantik Pengurus Daerah IKA Unhas Kabupaten Pangkep periode 2022-2026.

Di sana, mantan IKA Arsitektur Unhas ini disambut ratusan alumni. Pelantikan berlangsung meriah, elegan, dan khidmat.

Dia mengatakan alasan utama beralumni ialah harus memenuhi tiga hal, yakni peduli alumni, peduli almamater, dan peduli terhadap masyarakat.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

"Kenapa beralumni? Ya, karena peduli. Kita berkumpul bukan sekedar arisan, tetapi membantu alumni yang belum mendapatkan pekerjaan, butuh pekerjaan maka dibantu dalam persaudaraan beralumni. Di sinilah tempatnya," kata Danny Pomanto dalam sambutannya di Lapangan Citramas, Pangkep, Sabtu, (11/2/2023).

Lalu, peduli almamater. Dia memaksudkan, peduli itu ialah apa pun yang dikerjakan maka bendera Unhas yang dijunjung tinggi.

Dari pengalamannya, dirinya banyak bergaul dengan alumni lain, banyak bertemu dengan alumni lain. Dan kondisinya, tidak jauh beda antara satu dengan lainnya.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

"Yang membedakan adalah kekuatan soliditas alumni. Maka melalui IKA Unhas Sulsel ini kita bangun jejaring yang kuat, alumni yang kuat peduli almamater dan peduli masyarakat," ujarnya.

Dengan tema yang diusungnya, The Initiative of South Sulawesi, Danny Pomanto berharap program ini dapat disebarluaskan dan diimplementasikan lebih jauh.

"Saya minta tim pengurus mengurus ini berdasarkan kampung halaman sekaligus mencari ilmu apa yang dibutuhkan di situ, apakah alumni pertanian, perikanan, kelautan, geologi, dan sebagainya. Artinya, secara emosional mereka bekerja atas kampung halaman dan secara rasional berdasarkan keilmuan," ungkapnya.

Baca Juga : Bersama Wali Kota Makassar, Ketua DPRD Rudianto Lallo Tur Fasilitas Baru Kantor Balai Kota

Apalagi, kata dia, IKA Unhas Pangkep memiliki wilayah yang sangat menunjang itu. Bahkan, sebentar lagi Geopark UNESCO Maros-Pangkep akan disahkan sehingga makin menguatkan peran alumni di dalamnya.

Dia menginginkan para pengurus daerah, terutama yang baru dilantik, terus berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat setempat.

Ketua IKA Unhas Pangkep, Adnan Muis, menuturkan pihaknya mengangkat tema Totalitas Kolaborasi dengan perwujudan bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) juga turun langsung membantu masyarakat.

Baca Juga : Danny Pomanto Lantik Ratusan Pejabat Eselon di Kapal Pinisi

"Alhamdulillah, para alumni Unhas di Pangkep selalu berkolaborasi dengan pemda. Seperti kita punya program bedah rumah bagi korban angin kencang. Ada 10 rumah yang dibantu para alumni secara sukarela," ucap Muis.

Ditambah lagi, banyaknya para alumni Unhas yang mengisi posisi strategis di pemda maka sangat cocok dalam dukungan membangun Pangkep.

Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, mengimbau IKA Unhas untuk saling berkolaborasi. "Jangan lupa kampung halaman, dengan ilmu yang dimiliki maka mari sama-sama membangun daerah," imbaunya.

Baca Juga : Tahun 2024 Danny Pomanto Renovasi Total TPI Paotere

Dia menyampaikan, sebagai bupati dan alumni Unhas, dia berharap seluruh alumni menjaga nama baik almamater dan jangan sampai almamater tercoreng.

"Lakukan terbaik dan banggakan almamater. Buat sebagai alumni yang berbakti kepada negara," pesannya.

"Memperkuat jaringan antarsesama alumni Unhas, kolaboratif dengan Pemda dalam mewujudkan Pangkep Hebat," imbuhnya.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto #IKA Unhas Sulsel #IKA Unhas Pangkep