Jumat, 10 Februari 2023 23:55

Petugas Haji Wajib Miliki Sikap Ramah Lansia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Kementerian Kesehatan)
Ilustrasi. (Foto: Kementerian Kesehatan)

Pada musim haji tahun 1444 H/2023 M ini, ada kurang lebih 62 ribu jemaah haji lansia yang harus difasilitasi dan dilayani dari aspek ibadah maupun layanan lainnya.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mewajibkan seluruh petugas haji untuk bersikap ramah dengan jemaah, utamanya mereka yang lanjut usia (lansia).

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief, baik kepada seluruh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), baik PPIH kloter, PPIH nonkloter, maupun Petugas Haji Daerah (PHD).

Menurut Hilman, pihaknya tengah menyiapkan standardisasi pelayanan khusus jemaah lansia. Hilman juga mengaku sudah bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia).

Baca Juga : Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

"Kami juga tengah menyusun sistem standardisasi pelayanan khusus jemaah lansia ini. Bagaimana petugas haji bisa mempunyai sikap ramah lansia, kita akan adakan pelatihan, bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia)," ujar Hilman dikutip dari laman resmi Kemenag, Jumat (10/2/2023).

Jadi, lanjut dia, bisa dipastikan petugas yang nanti terpilih akan bisa mengetahui karakteristik lansia, termasuk jika mengalami gejala penyakit awal.

Pada musim haji tahun 1444 H/2023 M ini, kata Hilman, ada kurang lebih 62 ribu jemaah haji lansia yang harus difasilitasi dan dilayani dari aspek ibadah maupun layanan lainnya.

Baca Juga : Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1445 H 9 April 2024

"Berdasarkan data yang kami miliki bahwa tahun ini ada kurang lebih 62 ribu jemaah lanjut usia yang harus kita fasilitas dan kita layani dengan baik, baik dari segi aspek ibadahnya maupun dari aspek layanan lainnya. Oleh karena itu, kami mempersiapkan berbagai hal terkait mitigasi layanan lansia dengan standar, aspek kesehatan maupun layanan umumnya," bebernya.

Petugas haji tersebut, kata Hilman, nantinya akan diberikan wawasan khusus dalam menangani jemaah lansia ini. "Petugas itu nanti akan diberikan wawasan khusus penanganan jemaah lansia, karena tahún ini Kemenag punya program Haji Ramah Lansia," sambungnya.

“Petugas haji nantinya harus mempunyai semangat, antusiasme, tenaga, energik serta bisa berbicara dengan orang tua dengan menggunakan bahasa yang baik, memuliakan mereka," katanya lagi.

#kementerian agama #Haji 2023