Jumat, 10 Februari 2023 23:07

Presiden Jokowi Dorong Daerah Benahi Manajemen Pasar Tradisional

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi Pasar Batuphat Timur, Kota Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/2/2023). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi Pasar Batuphat Timur, Kota Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/2/2023). (Foto: BPMI Setpres)

"Kalau persaingan harga pasti menang di pasar tradisional karena enggak kena pajak, enggak kena biaya listrik yang tinggi (karena) enggak kena AC, bisa bersaing," ujar Presiden Jokowi.

RAKYATKU.COM, ACEH - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong pemerintah daerah melakukan pembenahan terhadap pasar tradisional sehingga dapat bersaing dengan pasar modern.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi usai meninjau Pasar Bathupat Timur, di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/2/2023).

"Kalau persaingan harga pasti menang di pasar tradisional karena enggak kena pajak, enggak kena biaya listrik yang tinggi (karena) enggak kena AC, bisa bersaing. Hanya memang perlu manajemen yang baik, penataan barang yang baik, pasar yang bersih, tempat parkir ada. Saya kira, semua daerah harus arahnya ke sana," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Pada tiap kunjungan ke daerah, Presiden Jokowi acap melakukan peninjauan ke pasar yang ada di daerah setempat. Hal itu dilakukan untuk memantau harga, terutama harga kebutuhan pokok yang dapat memicu inflasi.

"Kalau ke pasar selalu saya dengan gubernur, dengan wali kota, mengecek urusan harga-harga, mengecek urusan inflasi, mengecek urusan kenaikan barang dan jasa, karena ini penting," katanya.

Presiden Jokowi menyebutkan, harga barang kebutuhan pokok yang ada di Pasar Bathupat masih cenderung terkendali. "Saya lihat di sini baik," tuturnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Turut mendampingi Presiden Jokowi pada peninjauan ini, yaitu Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, Penjabat Wali Kota Lhokseumawe, Imran.

#Joko Widodo #Pasar tradisional